Kota Bersih dan Asri, Bupati Suyatno Aprisiasi DLH Rohil dan Petugas Kebersihan

Rabu, 11 Maret 2020 | 16:05:18 WIB
Bupati Suyatno serahkan piagam penghargaan pengolahan sampah kepada Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Rokan Hilir

Bagansiapiapi (Surya24.com)- Momentum peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau tahun 2020, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir terus upayakan mewujudkan Kota Bagansiapiapi dan
 sekitarnya menjadi bersih, asri dan indah, Rabu (11/3/2020)

Deklarasi Kabupaten Rokan Hilir Bersih Sampah tahun 2020 juga dilakukan penanda tanganan di Halaman Kantor DLH Rohil oleh Bupati H Suyatno, Ketua DPRD Maston, Kajari Gaos Wicaksono SH MH, Dandim 0321 Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi Sip Mi Pol diwakili Kasdim Mayor Inf Sumarno, Kapolres AKBP Muhammad Mustofa Sik MSi diwakili Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais SH, Wakil Bupati Jamilludin dan Sekda Pjs HM Job Kurniawan.

Kemudian dilanjutkan penanda tanganan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Suwandi Ssos, Camat Bangko, Para Lurah serta Penghulu dan para Kepala Sekolah, sebagai upaya menjaga lingkungan demi generasi mendatang yang lebih baik, masyarakat Rokan Hilir bertekad mewujudkan negeri seribu kubah ini menjadi bersih dari sampah.

Suwandi SSos mengatakan untuk mendorong budaya bersih, sasaran kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya mewujudkan lingkungan indah dan rapi di Rokan Hilir.

"Sesuai tema Indonesia Bersih, Indonesia Maju dan Indonesia  Sejahtera untuk tingkat didaerah kita sendiri dengan tema Kabupaten Rokan Hilir Bebas Sampah, " Ucap Suwandi.

Pantauan Surya24.com,pameran produk bank sampah juga ditampilkan dalam bentuk pupuk serta penyerahan penghargaan daur ulang sampah langsung dari Bupati Rohil dan ikuti dengan lomba melukis serta lomba mengumpulkan botol air mineral oleh para siswa pramuka.

"Berbagai upaya telah kami lakukan, dengan adanya bank sampah yang kini telah kita lakukan pengolahan sampah menjadi pupuk dan kita juga sosialisasikan kepada masyarakat baik itu berbentuk pamflet memberi himbauan jangan membuang sampah sembar angan, "Ujarnya.

Bupati Rohil H Suyatno mengapresiasi kinerja DLH dan petugas kebersihan, "Hari ini kita peringati hari sampah nasional, sampah khususnya di Kota Bagansiapiapi bagi saya menilai sangat luar biasa,artinya kebersihannya sudah menunjukan suasana yang positif, walaupun sesekali sampah ada juga tidak diangkut, "Ujarnya.

"Ditambahkannya lagi, selagi dirinya masih Bupati, Suwandi selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Rohil tidak akan pernah dipindahkan dari jabatannya, karna sosok beliau tanpa pamrih, saya tahu, siang malam tidak kenal lelah dalam bertugas," Ucapnya.

Dikatakannya lagi, realita keindahan kota di negeri seribu kubah tersebut sudah tampak, seperti lampu warna warni juga terpasang rapi di sudut kota Bagansiapiapi.

"Kita juga akan olah hutan yang ada, akan kita percantik tahun ini, tentunya dukungannya kita minta kepada masyarakat dalam upaya mewujudkannya, "Ucap Bupati sembari menyebutkan Pemkab Rohil akan bekerja keras dalam menyongsong MTQ 2021 yang ke 40 yang dipusatkan di Kabupaten Rokan Hilir menjadi daerah yang indah, bersih dan nyaman.

"Terutama kebersihan sudah bagus, dan masyarakat semakin sadar arti sebuah sampah yang berserak," Imbuh orang nomor satu di Rokan Hilir ini, kita sangat mengapresiasi dan ucapkan terima kasih kepada petugas kebersihan dibawah pimpinan Pak Suwandi SSos Kadis DlH yang selama ini tanpa pamrih, tanpa bapak ibu sekalian,sampah akan berserakan disana sini, " Ucap Suyatno. (Hen/Yan)

Terkini