PPAB Kesultanan Siak Surati Pihak Terkait untuk Penyelesaian Sejarah S9 

SIAK (Surya24.com) - Meskipun belum ada tanda-tanda penyelesain dari pihak-pihak terkait, Tengku Nazir bin Tengku Zainur Rasyid bin Tengku Daud bin Tengku Said Toha bin Sultan Syarif Kasim I selaku Ketua
Perkumpulan Pelestari Adat Budaya (PPAB) Kesultanan Siak Sri Indrapura ambil sikap terkait masalah sejarah Syarifah Sembilan (S9) yang saat ini menjadi perbincangan hangat ditengah-tengah masyarakat Siak hingga ke mancanegara.

Saat dikonfirmasi, Dia menegaskan bahwa pihaknya telah menyurati pihak-pihak terkait agar bisa secepatnya menyelesaikan persoalan tersebut. " Karna ini menyangkut martabat dan marwah kita, "ujarnya.

Bahkan Ia sempat berkomunikasi dengan ahlulbait zuriat kesultanan Siak Sri Indrapura disemenanjung kalau mereka juga merasa tersinggung dengan pemberitaan yang dimuat di media beberapa waktu lalu.

Perkumpulan Pelestari Adat Budaya Kesultanan Siak Sri Indrapura telah mengirim surat secara resmi kepada Pemda Kabupaten Siak, Lembaga Adat Riau Kabupaten Siak serta pihak-pihak terkait dengan point-point sebagai berikut:
 
1. Polemik Sejarah ini sudah menjadi bahan olok-olokan didalam mau diluar negeri karena tidak ada kebenaran sejarah dan kami nilai merupakan fitnah yang sangat memalukan.

2. Polemik sejarah Syarifah Sembilan ini merupakan Aib bagi seluruh zuriat kesultanan Siak. 

3. Kami menuntut kepada Pemerintah Daerah penodaan marwah ini dengan mencabut pernyataan Sejarah Syarifah sembilan bagian dari sejarah Siak kepada seluruh masyarakat kabupaten Siak dan secara terbuka kepada seluruh masyarakat kabupaten Siak serta mencopot nama Syarifah Sembilan dari Plang nama di Ruang Terbuka Hijau (RTH) kecamatan Sungai Apit.

4. Diminta tanggung jawab pemerintah daerah untuk melakukan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat siak umumnya dan ahlibait khususnya secara terbuka melalui penyataan tertulis dan media massa.

5. Diminta kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan upacara adat penodaan marwah zuriat kami.

" Pihak-pihak terkait untuk bisa bijaksana dalam merespon dan mengambil sikap. Ini sudah berlarut-larut dan menjadi olok-olokan. Selaku zuriat kesultanan Siak Sri Indrapura sekali lagi menegaskan kepada pihak-pihak terkait agar secepatnya mengambil langkah penyelesaian polemik Syarifah Sembilan ini, jangan sampai masalah ini menjadi melebar sampai kemana-mana,"pungkasnya.(darwis)