Keturunan Datok Lima Puluh Kerajaan Siak Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 

Keturunan Datu' Lima Puluh (KD 50) Kesultanan Kerajaan Siak Sri Indrapura dan perwakilan keturunan masyarakat adat Riau

DUMAI (Surya24.com) - Zuriat atau keturunan Datuk Lima Puluh (KD 50) Kesultanan/ Kerajaan Siak Sri Indrapura Kota Dumai, menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW, Selasa (19/10/2021) di kediaman Ketua Pembina, Dato' H. M. Yusuf, SH. MH Jalan Teratai Kelurahan Dumai Kota.

Para undangan tidak ramai yang hadir, dikarenakan dalam masa pandemi Covid-19. Undangan yang hadir, selain dari anak cucu zuriat atau keturunan Dato' Lima Puluh, tampak juga hadir dari berbagai utusan masyarakat adat Melayu, serta Ketua DPH LAMR Kota Dumai.

Penasehat keturunan Dato' Lima Puluh (KD 50), H. Syahrurizal, SH, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Dato', Encik, tuan dan puan yang telah sudi hadir atas jemputan tuan rumah, keturunan Dato' Lima Puluh, pada acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada momentum acara mulia tersebut, beliau juga mengisytiharkan keberadaan keturunan keluarga Datu' lima puluh kerajaan Siak Sri Indrapura kepada undangan yang hadir dalam acara tersebut.

" Kami ingin menyampaikan kepada tetamu jemputan yang hadir pada hari ini, bahwa sudah masanya kami memperkenalkan keturunan Dato' Lima Puluh Kerajaan Siak Sri Indrapura. Kami hadir dengan tujuan, mengangkat sejarah nenek moyang kami yang pernah berjasa di Kesultanan Kerajaan Siak Sri Indrapura, agar dapat dikenang oleh generasi penerus sehingga dapat dikenal oleh masyarakat luas yang selama ini tidak mengenal sejarah ini, "terangnya.

Syahrurizal mengajak kepada masyarakat adat Melayu khususnya kota Dumai, bersatu dalam persebatian untuk melestarikan adat resam budaya Melayu, khususnya di kota Dumai. " Kita mengajak seluruh elemen adat, tokoh adat bersebati bersama mencintai negeri yang kita pijak saat ini. Sehingga kita mampu menjadi tuan rumah di rumah kita sendiri, yakni Kota Dumai, " katanya. 

Sambung beliau lagi, bertepatan pada 12 Rabi'ul Awal ini, menjadi momen persatuan jiwa dan hati yang akan dituangkan dalam persebatian pribadi bersama, kukuh, teguh dan tangguh menjadi generasi penerus di negeri lancang kuning khususnya di Kota Dumai.

Sementara Ketua Pembina sekaligus Penasehat KD 50, H.M. Yusuf, SH. MH, mengatakan berbagai agenda kedepan yang akan dilakukan KD 50 ini, salah satunya Napak tilas untuk menggali sejarah KD 50 dan menziarahi makam Datuk nenek Datu' Lima Puluh. 

Pesan dan kesan juga disampaikan oleh perwakilan keturunan Datu' Tanah Datar, Dato' Syafruddin, S.Sos, M.Si, dalam ucapan sekapur sirih beliau mengajak kepada kaum Melayu untuk bersatu padu sebagai anak cucu penerus sejarah untuk ikut berperan serta membangun negeri Melayu ini.

Ketua DPH LAMR Kota Dumai, Dato' Seri Syahruddin Husin mengucapkan tahniah atas acara Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Keturunan Dato' Lima Puluh. 

Berbagai informasi yang disampaikan beliau terkait perkembangan Riau, seperti Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Riau baru baru ini menyelenggarakan pameran mata uang kuno. Satu satunya di Republik ini, selain negara Indonesia saat itu, Riau juga punya mata uang sendiri.

Berbagai perkembangan baru yang disampaikan Datu' Seri Syahruddin Husin, terutama tentang rencana usulan daerah istimewa Riau dan daerah bagi hasil blok Rokan.

Beliau mengusulkan agar keturunan Dato' Lima Puluh jika melakukan kegiatan agar memakai gedung LAMR Kota Dumai.

Acara maulid Nabi Muhammad SAW diakhiri dengan penanda tanganan persebatian bersama. Beberapa perwakilan tokoh masyarakat adat yang turut menanda tangan persebatian tersebut, antara lain ; Ketua Keturunan Datu' Limo Puluh, Abdul Suhaimi Hasyim, Perwakilan keturunan Datu' Tanah Datar Dato' Syafruddin, S. Sos, M.Si,  Dato' Kampar Ahmad Khadafi, Datu' Kedondong Syamsuddin, Dato' Laksamana Raja Dilaut Indrawan, Datu' Panglimo Jambul Agus Gunawan, S. Sos.

Selain itu, perwakilan keturunan Panglimo Nasan Khalifah H, Syahrin, SH, Dato' Pesisir, Datu' Dagang A. Basri, Dato' Pawang Lion Taufik Akbar, S. Ag, Dato' Panglimo dalam Musalman Alwahidin, Dato' Panglimo Muso Rahmat SE, Dato' Panglimo Minal Abdullah Umar, perwakilan keturunan Batin Alam Khaidir, perwakilan Ormas daerah : Laskar Melayu Bersatu Kota Dumai, H. M. Danial Effendi, KMBD Kota Dumai H. Khaidir Indra dan Ketua DPH LAMR Kota Dumai Dato' Seri Syaruddin Husin. 

Acara ditutup dengan pembacaan do'a yang dipimpin ustadz Zakaria, dan dilanjutkan dengan berpoto bersama. (aba)


Tulis Komentar