Monza Vs Juventus: Bianconeri Telan Pil Pahit

(Dok:Christian Gytkjaer menjadi pahlawan kemenangan Monza. Foto: Getty Images/Giuseppe Cottini)

MONZA (Surya24.com) - Juventus menelan kekalahan perdana di Serie A musim ini. Bertandang ke markas Monza di pekan ketujuh, Bianconeri tumbang 0-1.

Bermain di Stadion Brianteo, Minggu (18/9/2022), Juventus yang butuh kemenangan malah dibuat kesulitan karena harus bermain dengan 10 orang usai Angel Di Maria menerima kartu merah pada menit ke-40.

Keunggulan jumlah pemain itu berhasil dimanfaatkan Monza, yang akhirnya mencetak gol di menit ke-74 lewat sepakan Christian Gytkjaer. Bianconeri pulang ke Turin tanpa membawa poin.

Hasil ini membuat Juventus tertahan di posisi delapan klasemen sementara dengan 10 poin. Sedangkan Monza naik ke posisi 18 dengan empat poin.

Jalannya pertandingan

Juventus langsung mengancam sejak awal. Umpan matang Filip Kostic berhasil diterima Angel Di Maria pada menit pertama, namun sepakan kaki kirinya melebar dari sasaran.

Monza balas menekan dua menit berselang. Nicolo Rovella, pemain Juventus yang dipinjamkan ke Monza, melepaskan tembakan jarak jauh, tetapi arah bola melenceng di sisi kiri gawang Mattia Perin.

 

Armando Izzo turut mengancam gawang Juventus di menit ke-12, tetapi sundulannya melambung di atas gawang. Bianconeri membalas dua menit kemudian, namun sepakan jarak dekat Dusan Vlahovic juga melenceng.

Patrick Ciurria mendapat peluang di menit ke-18, namun tembakannya melebar di sisi kanan gawang Juventus. Vlahovic memperoleh kesempatan emas di depan gawang Monza pada menit ke-28, tetapi sepakannya diamankan kiper Michele Di Gregorio.

Monza tak berhenti menekan Juventus. Sepakan Ciurria dari luar kotak penalti pada menit ke-31 masih melenceng tipis di sisi gawang Perin, sedangkan upaya serupa dari Stefano Sensi pada menit ke-32 berhasil dihalau kiper 29 tahun itu.

Juventus harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-40 usai Di Maria menerima kartu merah langsung. Dikawal ketat Izzo dari belakang, pemain asal Argentina itu tampak emosi dan akhirnya menyikut dada lawannya.

Melansir detik.com, para pemain Juventus melayangkan protes, termasuk Leonardo Bonucci yang ada di bench, namun keputusan wasit telah bulat. Tak ada gol yang tercipta setelahnya, dan babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

 

Pada babak kedua, Monza kembali tampil menekan. Rovella melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti pada menit ke-49, tetapi bola diamankan oleh Perin. Semenit kemudian, sepakan jarak jauh Gianluca Caprari melenceng dari target.

Danny Mota nyaris membawa Monza unggul di menit ke-52 seusai menerima crossing rendah dari Ciurria, tetapi sontekan jarak dekatnya melebar tipis di sisi kanan gawang Juventus.

Monza terus menyerang Juventus. Sundulan Christian Gytkjaer di menit ke-56 masih melebar, sedangkan sepakan jarak jauh Carlos Augusto pada menit ke-64 berhasil diamankan Perin.

Pertahanan Juventus akhirnya jebol di menit ke-74. Crossing tajam Ciurria berhasil disambar Gytkjaer di depan gawang dan sukses menaklukkan Perin yang mati langkah. Monza unggul 1-0 dan bertahan hingga usai.***

Susunan pemain

Monza: Di Gregorio, Marlon (Caldirola 55'), Mari, Izzo, Ciurria, Rovella, Sensi (Barberis 54'), Augusto (Birindelli 85'), Pessina, Mota (Gytkjaer 55'), Caprari (Colpani 69').

Juventus: Perin, Danilo, Bremer, Gatti, De Sciglio (Soule 86'), Kostic (Kean 78'), Miretti (Fagioli 86'), Paredes, McKennie, Vlahovic, Di Maria.