Perjalanan Indonesia ke Piala Asia U20 2023, Sempurna Tak Kalah Keren dengan Jepang dan Korsel

(Dok:ANTARA FOTO/kompas.com)

JAKARTA (Surya24.com) - Timnas U20 Indonesia besutan Shin Tae-yong berhasil melaju ke putaran final Piala Asia U20 2023 seusai menjadi juara grup dalam rangkaian kualifikasi.

Dalam rangkaian Kualifikasi Piala Asia U20 2023, timnas Indonesia bersaing di Grup F bersama Timor Leste, Hong Kong, dan Vietnam. Perjuangan timnas U20 Indonesia pada Kualifikasi Piala Asia U20 2023 dimulai dengan laga melawan Timor Leste.

Melansir kompas.com, lLaga timnas U20 Indonesia vs Timor Leste dalam matchday pertama Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 itu berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada Rabu (14/9/2022) malam WIB.

Timnas Indonesia selaku tuan rumah Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 berhasil memenangi laga pertama kontra Timor Leste dengan skor 4-0. Hasil itu menjadi awal positif bagi Indonesia yang kemudian dijadwalkan bertanding melawan Hong Kong pada matchday kedua, Jumat (16/9/2022).

Pada laga melawan Hong Kong, Shin Tae-yong selaku pelatih merotasi starting line-up timnas Indonesia. Dia memainkan sederet pemain pelapis sejak awal laga kontra Hong Kong.

Kendati diperkuat oleh sederet pemain pelapis, Indonesia tetap mampu memetik kemenangan meyakinkan. Skuad Garuda Nusantara mengakhiri laga kontra Hong Kong dengan skor 5-1.

Hasil tersebut membuat Indonesia memiliki raihan identik dengan pesaing terdekat di Grup F, yakni Vietnam. Vietnam juga selalu memetik kemenangan ketika melawan Timor Leste dan Hong Kong. Skor yang diukir skuad muda The Golden Star pun sama dengan Indonesia.

Indonesia dan Vietnam harus melakoni laga penentu dalam rangkaian matchday terakhir Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023, Minggu (18/9/2022). Tim yang berhasil memenangi laga penentuan tersebut akan menjad juara grup dan otomatis lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023.

Setelah berjuang keras, Indonesia sukses memetik kemenangan dramatis atas Vietnam. Anak-anak asuh Shin Tae-yong sempat tertinggal 1-2 sebelum berbalik unggul dan memastikan kemenangan dengan skor 3-2. Dengan demikian, Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023 sebagai juara Grup F.

Sementara itu, Vietnam yang finis di peringkat kedua harus menunggu hasil pertandingan di grup lain. Vietnam masih berpeluang lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023 melalui jalur runner-up grup terbaik.

Indonesia Sempurna bak Jepang dan Korsel Kemenangan atas Vietnam menegaskan penampilan gemilang timnas Indonesia dalam rangkaian Kualifikasi Piala Asia U20 2023. Indonesia mampu mengakhiri perjuangan di Grup F Kualifikasi Piala Asia U20 2023 dengan raihan sempurna, yakni sembilan poin dari tiga laga.

Garuda Nusantara mengikuti jejak Jepang dan Korea Selatan yang juga mengakhiri perjuangan dengan torehan sempurna. Jepang sukses menyapu bersih semua laga di Grup C. Mereka mengantongi 12 poin dari empat pertandingan.

Selain mengukir poin sempurna, Jepang juga mampu mencatatkan clean sheet selama bersaing di Grup E. Sementara itu, Korea Selatan berhasil menjuarai Grup E berkat torehan sembilan poin dari tiga laga. Mereka selalu memetik kemenangan kala bersua tiga pesaing di Grup E, yakni Mongolia (7-0), Sri Lanka (6-0), dan Malaysia (6-2).

Raihan sempurna itu membuat Jepang dan Korea Selatan lolos ke putaran final Piala Asia U20 2023 bersama Indonesia. ***

 


Tulis Komentar