16 Fakta Unik Qatar Sang Tuan Rumah Piala Dunia yang Perlu Kamu Ketahui

(Foto/REUTERS)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Qatar sedang menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara di Teluk Arab ini dipimpin seorang emir bernama Skheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Negara ini cukup kecil dari segi ukuran wilayah, namun ia menjadi negara terkaya di dunia, di atasnya Luksemburg.

Melansir sindonews.com, dDari sejarah, masyarakatnya, geografi dan populasi yang multikultural, Qatar adalah salah satu negara paling menarik di dunia.

Mengutip laman Time Out Doha, ada setidaknya 16 fakta unik tentang negara ini. Berikut ulasannya:

1. Negara Terdatar Ke-2 di Dunia Fakta bahwa Qatar menjadi negara terdatar kedua di dunia, dengan titik tertinggi hanya 338 kaki. Hanya Maladewa yang lebih datar, dengan titik tertinggi enam kaki. Ini cocok untuk pengendara sepeda dan pelari, namun bisa jadi menyebalkan bagi pejalan kaki.

2. Permukaan Perlahan Naik Statusnya sebagai negara terdata kedua di dunia bisa terancam, karena permukaan negara ini perlahan naik. Permukaan Qatar saat ini 2 meter lebih tinggi dari 400 tahun yang lalu. Meskipun kelihatannya tidak banyak, selama empat abad terakhir Qatar perlahan-lahan naik karena pengangkatan geologis.

3. Bandara Internasional Hamad (HIA) Terbaik di Dunia Status ini menurut studi Skytrax World Airport Awards 2021. Jika Anda bepergian melalui HIA, Anda akan tahu mengapa tempat ini mendapat rating tinggi, dari seni publik yang fantastis untuk kelancaran perjalanan. HIA juga rumah bagi landasan pacu terpanjang di Asia Barat, dengan panjang 15.912 kaki, dan terpanjang keenam di dunia.

4. Penghasil Pewarna Kerang Ungu Penduduk Pulau Al Khor di Qatar adalah yang pertama menghasilkan pewarna kerang ungu. Para arkeolog telah menemukan benda-benda yang berasal dari milenium kedua sebelum masehi (SM), dan daerah tersebut adalah yang pertama di dunia yang menghasilkan pewarna kerang ungu, itulah sebabnya tempat ini juga dikenal sebagai Pulau Ungu.

Pulau Al Khor menjadi salah satu tempat paling menakjubkan di negara tersebut karena hutan bakau yang luas.

5. Qatar Airways Maskapai Terbaik di Dunia Maskapai penerbangan nasional Qatar Airways dinobatkan sebagai maskapai terbaik menurut Skytrax World Airport Awards 2021. Ia menjadi maskapai pertama yang membawa pulang gong bergengsi sebanyak enam kali.

Qatar Airways juga merupakan salah satu dari sedikit maskapai penerbangan terpilih yang terbang ke tujuh benua, dan pada satu titik, Qatar Airways memiliki penerbangan terjadwal terlama di dunia antara Doha dan Auckland, pada 16 jam 30 menit.

6. Tempat Laut dan Gurun Pasir Bertemu Khor Al Adaid di Qatar adalah satu-satunya tempat di dunia di mana laut bertemu dengan gurun pasir.

Daerah yang dinyatakan sebagai cagar alam pada tahun 2007 ini merupakan salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana laut bertemu dengan gurun pasir.

Faktanya, Qatar sedang berusaha untuk menjadikan daerah itu sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Qatar Miliki Garis Pantai 563 Km Qatar adalah sebuah semenanjung, yang artinya dikelilingi oleh air di sebagian besar sisinya, memberikan garis pantai yang panjang dengan panjang 563 km.

8. Doha Miliki Jalur Sepeda Terpanjang di Dunia Jalur Sepeda Olimpiade di Doha memegang Rekor Dunia Guinness sebagai jalur sepeda berkelanjutan terpanjang di dunia, yang panjangnya 33 kilometer. Dibuat oleh Ashghal, otoritas pekerjaan umum di Qatar, trek tersebut selesai pada tahun 2020. Jalur ini melewati 18 underpass untuk memastikan pergerakan tanpa gangguan.

Lintasan ini juga memegang rekor beton aspal terpanjang yang diletakkan terus-menerus, dengan panjang 25,3 kilometer. 9. Qatar Negara Teraman Kedua di Dunia Alasan utama orang-orang berkunjung ke Qatar adalah fakta bahwa negara ini termasuk yang paling aman di dunia. Menurut indeks kriminal Numbeo terbaru, Qatar memiliki tingkat kejahatan terendah kedua, dengan 14,03 poin dari 100, tepat di belakang Abu Dhabi dengan 11,72.

10. Jumlah Pria Lebihi Wanita dengan Perbandingan 3:1 Menurut angka sensus terbaru dari Desember 2020, jumlah pria melebihi jumlah wanita di Doha sekitar tiga banding satu, dengan hanya 811.600 wanita dari populasi 2.846.118 jiwa.

Faktanya, Qatar memiliki rasio pria dan wanita tertinggi di dunia, dengan rasio pria/wanita rata-rata di seluruh dunia mencapai 1,02. Uni Emirat Arab dan Bahrain juga memiliki rasio laki-laki/perempuan yang tinggi, masing-masing sebesar 2,56 dan 1,53.

11. Penduduk Asli Hanya 15 Persen Qatar tidak diragukan lagi merupakan negara yang menarik bagi ekspatriat, yang datang ke sini untuk cuaca yang bagus, gaya hidup santai dan, tentu saja, gaji bebas pajak. Menurut laporan Visit Qatar, daya tarik Qatar begitu besar sehingga sekarang ada lebih dari dua juta ekspatriat yang tinggal di negara tersebut, yang berarti bahwa orang Qatar termasuk minoritas, sekitar 15 persen dari populasi.

12. Oryx Arab Jadi Satwa Nasional Qatar Hewan agung ini, yang diselamatkan dari kepunahan pada tahun 1970-an oleh kebun binatang dan cagar alam, adalah hewan nasional Qatar. Anda mungkin pernah melihat oryx di logo Qatar Airways, atau, jika Anda seorang penggemar olahraga, Anda mungkin ingat bahwa oryx adalah maskot Asian Games 2006 di Doha.

13. Robot Digunakan untuk Balap Unta Balap unta sangat populer di Qatar, dengan balapan berlangsung di Al Shahaniya Camel Racing Track antara Oktober dan Februari setiap tahun. Awalnya, anak-anak akan digunakan sebagai joki unta, tetapi robot telah digunakan sejak 2004 untuk alasan kesehatan dan keselamatan. Robot-robot tersebut dikendalikan dari jarak jauh oleh para penggembala unta yang sering berkendara di sepanjang lintasan.

14. Nama Qatar Berasal dari Tahun 50 AD (Kalender Masehi) Penulis Romawi Pliny the Elder merujuk pada penduduk yang sekarang disebut Qatar sebagai "Catharrei" pada pertengahan abad pertama, dan nama tersebut telah mengalami beberapa pengulangan sejak saat itu. Selanjutnya nam Catara digunakan hingga abad ke-18. Ketika Katara menjadi ejaan yang lebih umum, dan beberapa variasi, termasuk Katr, Kattar, dan Guttur, juga biasa digunakan hingga Qatar secara resmi diadopsi sebagai nama negara.

15. Kaya Mutiara dan Minyak Penyelaman mutiara adalah andalan ekonomi Qatar selama ribuan tahun, dan dirayakan sebagai bagian penting dari budaya negara. Itu semua berubah pada tahun 1920-an, ketika Jepang mulai mengekspor mutiara budidaya, dan pasar kebanjiran. Qatar, seperti banyak negara di kawasan Teluk, beralih ke minyak, mengebor sumur pertamanya pada tahun 1939, dan mengekspor minyak mentah sejak tahun 1949. Lebih banyak ladang ditemukan pada tahun 1960, dan lagi pada tahun 1970. Minyak sekarang menjadi bagian besar dari ekonomi, dan Qatar bahkan memiliki sumur minyak terpanjang di dunia, yakni 40.320 kaki.

16. Qatar Negara Terkaya di Dunia Menurut perkiraan Dana Moneter Internasional tahun 2020, produk domestik bruto (PDB) Qatar per kapita mencapai USD138.910. Ia berada di atas Luksemburg, negara terkaya kedua dengan PDB per kapita USD112.045. Juga tidak mengherankan, banyak dari kekayaan ini berasal dari minyak bumi dan gas alam, yang jumlahnya lebih dari 60 persen dari PDB. ***