Tiba-Tiba Ingat Dosa dan Umur Aming Tampil Religius: Ini Dia  3 Perjalanan dari Pendukung LGBT hingga Dikabarkan Hijrah

(dok:net)

JAKARTA (SURYA24.COM) - Proses hijrah Aming Sugandhi ternyata muncul dari pemikiran spontan. Tidak ada peristiwa apa pun yang melatarbelakanginya.

   "Enggak ada momen apa-apa sih. Kalau saya orangnya kan enggak dramatis, lempeng aja. Jadi ya tiba-tiba saja," kata Aming, ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (17/3/2023).

   Hanya sempat terlintas dalam benak Aming bahwa dirinya banyak melakukan kekhilafan selama hidup. Hatinya kemudian tergerak untuk memperbaiki kualitas diri dengan mendalami ajaran agama.

    "Ya namanya manusia, ladangnya khilaf. Saya pribadi mikirnya ya saya ingin jadi lebih baik lagi," ujar mantan istri Evelin Nada Anjani ini seperti dilansir suara.com

    Aming juga secara spontan teringat bahwa usianya tak lagi muda. "Umur kan makin tua ya, jadi mudah-mudahan bisa punya hidup yang lebih berkualitas lah," imbuh bintang film Doa yang Mengancam ini.

    Hanya saja, Aming menolak menjelaskan sudah sejauh mana proses hijrahnya. Aktor 42 tahun ini merasa hal itu tidak perlu diceritakan ke publik.

   "Itu urusan saya dengan Sang Pencipta, enggak perlu diumbar-umbar. Saya pribadi mikirnya lebih ke, yang penting istikhamah saja. Jadi enggak mau banyak diomongin," papar Aming.

   Kabar hijrahnya Aming muncul sejak Februari 2023. Saat itu, bintang film Gundala ini mengunggah foto di Instagram dengan busana layaknya santri laki-laki.

   Aming juga tidak terlihat feminim lagi seperti sebelumnya. Ia hadir dengan potongan rambut pendek serta membiarkan jenggot dan kumis tumbuh di wajahnya.

"Semoga istikhamah ikhtiarnya," tulis Aming dalam keterangan foto.

Yakini Proses 

   Seperti diketahui, kabar mengejutkan datang dari aktor dan pelawak kondang, Aming. Kini Aming tampil dengan banyak perubahan pada dirinya.

   Pria yang memiliki nama lengkap Aming Supriatna Sugandhi ini memiliki penampilan yang berbeda dari sebelumnya.

 

     Jika sebelumnya Aming memiliki penampilan yang kadang menyerupai wanita, kini pelawak kondang itu terlihat menjadi pria sejati dengan memotong pendek rambutnya dan menumbuhkan jenggot.

   Aming juga dikabarkan sudah berhijrah dan memutuskan untuk terus istiqomah dengan apa yang menjadi pilihannya saat ini. 

   "Ya saat ini saya masih on going, on going kan berarti sedang berproses, jadi saya berusaha istiqamah, gausah mikir goals tetapi nikmati proses," ungkap Aming saat di wawancara dalam kanal YouTube Cumicumi pada Jumat (17/3/2023).

   Dengan perubahan besar ini, Aming terlihat semakin segar, baik dari penampilan maupun raut wajah nya yang semakin bersinar.

    "Banyak orang yang berfikir berubah, berubah tetapi itu adalah goals, tapi nikmati aja prosesnya Lillahita'ala, karena Allah aja terus Istiqomah," ungkap Aming seperti dilansir suara.com.

   Perubahan pada Aming ini menjadikan dirinya menikmati segala proses yang terjadi, dan Aming pun lebih siap menjalani bulan suci ramadhan tahun ini.

Dari Pendukung LGBT 

    Seperti diketahui komedian Aming jadi sorotan setelah memposting dirinya menggunakan baju koko dan kopiah berwarna haji. Banyak yang menduga lelaki asal Jawa Barat itu sudah hijrah.

    Dikutip dari suara.com, hal ini tentu menghebohkan warganet. Pasalnya Aming selama ini dikenal suka menggunakan baju yang mirip dengan perempuan.

    Dalam beberapa undangan acara ulang tahun dan pernikahan, saat datang Aming menggunakan pakaian menyerupai seorang perempuan.

    Nah penasaran seperti apa perjalanan Aming dari yang dulu suka menggunakan pakaian perempuan hingga kini tampil religius? Berikut rangkumannya. 

 

1. Diduga Pendukung LGBT

   Bertepatan dengan bulan Ramadan 2015, Aming dan Chef Priscil menghadiri parade gay di Amerika Serikat. Penampilan Aming dengan kostum nyentrik warna pink membuatnya tampak nyaris telanjang.

   Karena kehadirannya tersebut, Aming dituding mendukung pernikahan LGBT hingga penyuka sesama jenis. Namun menurut keterangan sang manajer, Aming kebetulan sedang berada di Amerika, bukan sengaja hadir di parade gay.

   Chef Priscil yang membagikan potret Aming dalam parade gay pun memberikan penjelasan. Menurut Chef Priscil, pilihannya bersama Aming menghadiri parade gay bukan untuk mendukung, melainkan memberikan apresiasi.

2. Suka Berdadan Seperti Perempuan

   Ketika pandemi Covid-19 mulai mereda, Aming muncul dengan penampilan super cantik. Aming pun totalitas mengenakan payudara palsu agar penampilannya semakin mirip seperti perempuan seutuhnya.

   Alasan Aming nyaman berdandan perempuan pun diungkap kepada Denny Sumargo melalui podcast yang tayang tahun 2022. Aming rupanya merasa lebih nyaman hidup di dunia fantasinya ketimbang realita yang pahit.

   Selain itu, cerita Aming mengalami pelecehan seksual sejak SD hingga kuliah oleh orang terdekat pun ikut terungkap. Perjalanan hidup yang tak mudah itu membuat Aming menemukan sisi perempuan dalam dirinya bernama Mina.

3. Hijrah

Namun baru-baru ini, Aming mengubah penampilan menjadi lebih religius. Aming dengan pakaian perempuan kini telah menghilang.

    Aming kini tampil sebagai pria dengan rambut pendek serta kumis dan jenggot tipis. Selain itu, mantan suami Evelyn Nada Anjani tersebut juga selalu mengenakan peci dalam setiap penampilannya.

 

Belum diketahui pasti cerita perjalanan Aming hingga akhirnya memutuskan hijrah. Namun doa dan harapan agar Aming istikamah ramai dituliskan reka-rekan artisnya maupun warganet.

   Itu dia kisah perjalanan Aming hijrah, terutama penampilannya yang berubah drastis. Bagaimana pendapatmu?***