ADVERTORIAL PEMKAB ROHIL

Pemerintah Rokan Hilir Bangun Dua Puskesmas Rawat Inap dari DAK APBN

Bupati Rohil dan Forkopimda menekan tombol peresmian Puskesmas

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Sejak tahun 2016 hingga sekarang, puskesmas yang ada di Kabupaten Rokan Hilir telah ditingkatkan statusnya menjadi puskesmas rawat inap. Seperti Puskesmas rawat inap Rimba Melintang, Bangko Jaya, Bangko Kanan, Tanah Putih Sedinginan, Pujud, Kubu Babussalam, Bagan Batu, Puskesmas Panipahan, Puskesmas Sinaboi dan Puskesmas Bagansiapiapi.

Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dalam meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terus dilakukan berbagai upaya pembangunan maupun perbaikan hingga saat ini tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan beberapa Puskesmas di Rokan Hilir.

Pada awal tahun 2020 Bupati Kabupaten Rokan Hilir H.Suyatno meresmikan dua fasilitas Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas. Puskesmas tersebut yakni UPTD Puskesmas Bagan Punak kecamatan Bangko dan UPTD Puskesmas kecamatan Rimba Melintang yang di pusatkan di halaman Puskesmas Bagan Punak jalan Kecamatan komplek perkantoran batu enam Bagansiapiapi, Kamis (06/02/2020) lalu.

Peresmian dua Puskesmas itu dihadiri Direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA dan rombongan, Ketua DPRD Rohil, Maston dan anggota DPRD Rohil lainnya, forkopimda, Kadinkes Riau yang diwakili Kabid Fasyankes Riau Yohannes, Kadiskes Rohil Hj.Dahniar, Ketua LAM Riau Kabupaten Rohil Rashid Abisar, pejabat pimpinan tinggi Pratama OPD dilingkungan Pemda Rokan Hilir, Camat, seluruh kepala Puskesmas Rohil, anggota IDI Rohil, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda.

H.Suyatno mengharapkan kepada kepala puskesmas Bagan Punak agar selalu memperhatikan kondisi bangunan dan kebersihan Puskesmas yang sudah di bangun megah dan bagus oleh pemerintah melalui dana DAK Afirmasi APBN tahun 2019 dengan anggaran sebesar 5,5 milyar rupiah.

Pemkab Rohil akan terus berupaya meningkatkan Sumber Daya Manusia bidang kesehatan dengan memberi peluang terhadap petugas kesehatan tamatan D3 untuk kejenjang S1.

“Guna meningkatkan pelayanan kesehatan ke masyarakat Pemkab Rohil tidak tinggal diam. Pelayanan kesehatan itu sangat penting dan menjadi hal prioritas utama, begitu juga di bidang pendidikan dan infrastruktur lainnya terus diperhatikan, program-program ini merupakan skala prioritas, termasuk sumber daya manusia. Mudah-mudahan apa yang ditegaskan oleh direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA akan membawa dampak yang baik bagi daerah kita ini,"harapnya.

Kembali ditegaskan, Pemerintah daerah Rohil akan tetap melakukan evaluasi, termasuk semua pimpinan puskesmas. Dikesempatan itu Bupati Rohil H.Suyatno juga menjelaskan secara langsung kepada direktur Fasyankes Kemenkes RI, dr Andi Saguni,MA sudah melihat rumah dokter yang bagus, tamannya juga bagus dan masing-masing ruangannya bagus.

“Gedung Puskesmas setelah peresmian harus terus berkelanjutan. Cantiknya saat peresmian harus berkelanjutan, artinya harus dijaga bersama-sama,"ucapnya.

Sebelumnya, ditempat yang sama, Kadiskes Rohil Hj.Dahniar menerangkan bahwa, dalam upaya mewujudkan pembangunan Puskesmas Bagan Punak dan Puskesmas Rimba Melintang tersebut tidak terlepas dari kerja keras, dan keseriusan Pemkab Rohil dalam memperjuangkan pembangunan puskesmas.

”Komitmen kita meningkatkan pelayanan kesehatan, ini program pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, kedua puskesmas ini dilengkapi fasilitas rawat inap dan pendukung lainnya,"ujar Kadiskes Rohil Hj.Dahniar. (Advertorial)