Bupati Dampingi Gubri Lakukan Gerakan Menanam Untuk Kemandirian Pangan

Bupati Kampar H. Catur Sugen Susanto. SH didampinggi Pertanian H. Bustan Menama Biji jagun dan ubi

TAMBANG (Surya24.Com) - Bupati Kampar, H. Catur Sugeng Susanto, SH, mendampingi Gubernur Riau, H. Syamsuar melakukan kegiatan menanam jagung dan Ubi seluas 22 Hektar untuk kemandirian pangan guna menghindari terjadinya kerawanan pangan.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kualu Kecamatan Tambang tersebut, juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau, Edi Natar Nasution, Forkopimda Provinsi Riau, Dandim 0313 KPR dan pejabat terkait lainnya, Rabu (6/4/2020).

Dalam arahannya, Syamsuar mengajak seluruh komponen, agar menyemangatkan gerakan menanam untuk menghindari terjadinya kerawanan pangan, karena di Provinsi Riau ada beberapa Kabupaten yang di prediksi akan mengalami kerawanan pangan diataranya Meranti, Rohul, Inhu dan Dumai, untuk itu, kita harus menggerakan gerakan menanam agar nanti kita tidak kekurangan pangan di seluruh provinsi Riau.

"kita semua butuh makan, namun sampai saat ini, Riau belum bisa memenuhi kebutuhannya sendiri, baik itu, beras, cabe, bawang, telur dan lainnya, kita masih mengharapkan dari provinsi tetengga, sedangkan kita punya lahan yang luas untuk bercocok tanam, oleh sebab itu, saya mengajak masyarakat untuk kembali bergotong-royong agar kembali mengolah lahan masing-masing, terlebih lagi dengan masih mewabahnya virus covid ini, kita butuh persiapan agar tidak terjadi kerawanan pangan " harap Syamsuar.

Sementara itu, Catur Sugeng mengatakan bahwa, walaupun Kabupaten Kampar tidak termasuk Kabupaten yang rawan pangan, namun kita juga akan segera melakukan penanam jagung seluas 10 Hektar yang berlokasi di daerah Tambang, sesuai dengan instruksi Gubernur Riau.

" kita akan segera melakukan penanaman sebelum lebaran idul fitri, ini gunanya untuk mempertahanlan hajat hidup orang banyak, ketika nanti adanya kerawanan pangan, ini akan menjadi alternatif yang bisa dikonsumsi masyarakat, semoga ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan lancar" harap Catur. (hasbi).