Akan Kembangkan Tanaman Keladi Tumbuk

Camat Lubuk Dalam Siak Kunjungi Kecamatan Sinaboi Rohil

SINABOI (Surya24.com) - Tengku Hasyim S.Sos Camat Sinaboi didampingi Rahmad Abdah Datuk Penghulu Darussalam bersama Hen Siagian Ketua RT 19 dan petani keladi tumbuk,  Selasa (12/5/2020) sambut kedatangan Andi Putra, Camat Lubuk Dalam, Kabupaten Siak, Riau.

Tujuan kedatangan Camat Lubuk Dalam, Andi Putra untuk melakukan peninjauan dan pencarian bibit tumbuhan keladi tumbuk di Kepenghuluan Darussalam, Kecamatan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau tepatnya di RT 19 karena ada kesamaan humus tanah gambut cocok ditanami keladi tumbuk didaerahnya.

Tengku Hasyim S.Sos menyebutkan kedatangan Camat Lubuk Dalam, Siak Andi Putra untuk melihat bagaimana petani Darusssalam dan Sinaboi umumnya bertani menanam keladi di atas lahan tanah gambut. " Iya Pak Camat Lubuk Dalam melihat dan berdialog langsung dengan petani kita, beliau tertarik untuk menanam di daerahnya karena ada kesamaan humus tanahnya juga gambut, " ucapnya.

Dimana untuk 1 Hektar lahan dapat di tanam 25 ribu batang dengan jarak antara lobang 50 cm sampai 70 cm dan akan panen setelah berusia 6 atau 7 bulan. "Untuk awal bercocok tanam satu batang bibit keladi 400 rupiah, kemudahan menanam keladi membeli bibit sekali saja tiap panen tumbuh bibit baru dan dapat di tanam kembali, " terang Tengku Hasyim Camat Sinaboi.

Penghulu Darussalam Rahmad Abdah menyebutkan mayoritas warganya selain menanam sawit dan padi juga menanam dan membudidaya keladi tumbuk. " Selain cara menanamnya cukup mudah, membeli bibitnya juga cukup sekali, pasarannya juga sangat menguntungkan petani, " ucap Rahmad Abdah.

Andi Putra, Camat Lubuk Dalam, Siak menyebutkan kedatanganya untuk melihat dan belajar dengan petani budidaya keladi tumbuk. Kecamatan Lubuk Dalam, Kabupaten Siak dikatakan Andi Putra akan memanfaatkan 4000 hektar lahan gambut yang akan di tanamkan keladi tumbuk karena tak boleh menanam sawit.

Andi Putra mengatakan sekaligus datang ke Sinaboi atas perintah Gubernur Riau untuk melihat langsung petani Sinaboi mulai dari menanam, perawatanya hingga panen keladi tumbuk. (Suhendra/HY)