Advertorial DPRD Kabupaten Siak

Ketua DPRD Siak Cek Data Penerima Bantuan Serta Bagikan Sembako Kepada Masyarakat Kurang Mampu

SIAK (Surya24.com) - Untuk memastikan penyaluran bantuan kepada masyarakat tepat sasaran, Ketua DPRD Kabupaten Siak, H Azmi mulai melakukan monitoring dan mengecek data penerima bantuan yang terdampak Covid-19.

Dimulai dari Kecamatan Sabak Auh, politisi Partai Golkar itu mulai membedah data-data yang akan disodorkan pemerintah kecamatan kepada Pemkab Siak, terkait penerimaan bantuan tersebut.

Dalam kesempatan itu Azmi mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan agar penyaluran bantuan logistik yang bersumber dari anggaran Pemerintah Kabupaten Siak tidak tumpang tindih dengan data penerima bantuan dari desa dan pusat.

" Ini kita lakukan untuk memastikan bantuan bagi yang terdampak wabah Virus Corona atau Covid-19 tersalurkan. Khawatirnya kalau tidak dipantau atau dimonitor ada potensi terjadi keributan terkait pembagian logistik di masyarakat kemudian hari. Sebab bantuan bukan hanya dari Pemkab Siak saja, bantuan ada dari desa dan pusat," kata Azmi kepada media di Kantor Camat Sabak Auh, Senin (4/5/2020).

Camat Sabak Auh, Tengku Mukhtasar menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mulai bekerja diawali menggelar rapat dengan seluruh Penghulu Kampung (Kades) di daerah itu untuk menetapkan penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari Kemensos, Pemkab dan bersumber dari ADD.

"Kita sudah mulai memvalidasikan data yang mendapatkan BLT dari Kemensos, Dana Desa dan Pemkab Siak. Ini dilakukan agar yang ditakutkan oleh Ketua DPRD Siak tadi tidak terjadi," kata dia.

Kemudian dijelaskan Azmi, nantinya monitoring data penerima bantuan ini akan dilakukan secara kontinyu. Ia berharap hal ini juga dapat dilakukan oleh semua anggota dewan di Siak aktif untuk mengecek dan memantau data dari kecamatan dimasing-masing Daerah Pilih (Dapil) anggota dewan.

"Ini dimulai dari Sabak Auh, dan saya juga termasuk Dapil di kecamatan ini. Saya juga mengajak teman lain di DPRD untuk melakukan hal ini di dapilnya agar data penyaluran bantuan lebih tepat sasaran," kata dia.

Dalam kesempatan yang sama, Azmi menyempatkan berbagi Sembako kepada beberapa warga di Kecamatan Sabak Auh yang kategori kurang mampu dan janda-janda. Didampingi Camat, Danramil dan Kapolsek Sabak Auh, Azmi memberikan ratusan paket Sembako tersebut secara 'door to door'. (Adv)