Dinas PUPR Dumai Tinjau Lokasi Banjir di Basilam Baru

Plt Kadis PUPR Dumai, Zulkarnaen bersama beberapa Kabid meninjau lokasi banjir di Basilam Baru

DUMAI (Surya24.com) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai meninjau lokasi banjir di Kelurahan Basilam Baru Kecamatan Sungai Sembilan yang tergenang akibat curah air hujan.

Hadir dalam peninjauan itu, Plt Kadis PUPR Zulkarnaen, Kabid SDA Wan Rico ST, Kabid Bina Marga Reza Fahlepi ST, dan Kabid Alkal (Alat Berat) Riski Kurniawan ST. M.IP, Camat Sungai Sembilan Tanzwir Azhar Effendi, Lurah Basilam Baru, Wakil Ketua DPRD Dumai Bahari, dan Babinsa Basilam Baru.

Menurut Plt Kadis PUPR Dumai melalui Kabid SDA (Sumber Daya Air) Wan Rico ST menjelaskan bahwa mereka sudah bergerak untuk pembersihan parit dan pinggir laut di Basilam Baru dengan alat berat. 

"Kita bergerak meninjau pada hari Rabu (27/5) dan pada hari Kamis kita langsung membersihkan parit dan ujung alur jalan air di daerah Sungai Teras Basilam Baru dengan mengunakan alat berat Long Arm (beko yang panjang). Hasilnya air banjir cepat surut karena di ujung kita bersihkan dan kita kerok lagi. Tergenangnya air ini akibat tersumbatnya jambatan kayu yang ada di lokasi dan curahan air hujan cukup lebat. Namun walau dalam masa covid-19 ini kita (PUPR Dumai) tetap berupaya untuk mengatasi banjir di Basilam Baru Sungai Teras, walaupun dengan anggaran seadanya." ungkap Kabid SDA PUPR Dumai diruang kerjanya, Selasa (2/6/2020).

Begitu juga Kabid Bina Marga PUPR Reza Fahlepi mengatakan untuk jambatan itu tetap akan direhab dari kayu karena jalan tersebut adalah jalan Provinsi. 

"Kalau untuk jambatan di Sungai Teras Basilam Baru kita di PUPR Bina Marga akan merehapnya seperti semula terbuat dari kayu. Kita tidak bisa berbuat banyak karena itu jalan provinsi namun kita tetap berupaya menyurati Pemerintah Provinsi Riau agar jembatan di Sungai Teras Basilam Baru akan dibangun Box cover dan jambatan baru." ungkapnya.

Sudah hampir seminggu berjalan pembersihan aliran sungai dan parit di Basilam Baru. Dinas PUPR terus berupaya untuk menuntaskan banjir dan jembatan di Basilam Baru yang menghambat akses masyarakat setempat. (zul)