Ekonomi Bukan Tentang Mencari Keuntungan Saja

DUMAI (Surya24.com) - Setelah selama sebulan pembelajaran, peserta Program Bantuan Pendidikan PT. Pertamina RU II Dumai bekerjasama dengan LAZ Madani Human Care "Kejar Paket C" terus diberi motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar mereka.

Mengingat peserta tidak memperoleh pendidikan melalui jalur formal karena berbagai keterbatasan. Metode pembelajaran dirancang agar mudah dipahami dan tidak membuat mereka bosan. 

Pada pembelajaran Ekonomi kali ini, sebagaimana yang dilaporkan oleh Aisah Juliantri selaku Fasilitator Program dari LAZ MHC, peserta diajarkan tips mengelola keuangan. Materi yang disampaikan tentunya dapat diaplikasikan bagi mereka yang masih lajang maupun sudah berkeluarga.

"Hari ini peserta belajar ilmu akutansi, dan penerapannya pada pengelolaan keuangan. Pengajar juga menyampaikan tips menjadi konsumen yang cerdas dalam membelanjakan uang mereka, sehingga peserta terlihat sangat antusias, karena hal ini berhubungan langsung dengan kehidupan mereka sehari-hari." ujar Aisah.

Kegiatan pembelajaran yang diawali dengan tema yang menarik diikuti oleh peserta dengan penuh semangat. Mereka aktif merespon dan menyampaikan pendapat karena diberikan ruang untuk berbicara sesuai dengan kondisi mereka masing-masing. Dalam hal ini proses tukar pikiran pun berlangsung. 

Meureudu Mutia, SE, pengampu mata pelajaran ekonomi dari tim pengajar PKBM Homeschooling Prima Edukasi, juga mengajarkan peserta bagaimana cara membelajakan uang dengan bijak dan cara menghindar dari kebiasaan berhutang. Di akhir pembelajaran, ia menutup dengan kalimat "Cerdas mengelola uang itu tau kapan uang kita harus dikeluarkan, dan kapan harus ditabung atau disimpan." 

Harapannya ke depan peserta terus termotivasi untuk belajar melalui pesan-pesan yang diselipkan oleh tim pengajar untuk membangun pola pikir agar menjadi insan yang lebih baik lagi. (rls Pertamina RU II)


Tulis Komentar