Secara Resmi Dibuka Ketua TP PKK Pelalawan

DP3AP2KB Taja Pelatihan untuk Perlindungan Terhadap Perempuan dan Anak

PELALAWAN (Surya24.com) - Pelatihan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Perlindungan Perempuan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2021 resmi dibuka oleh Ketua TP PKK, Sella Pitaloka Zukri S. AP. Pelatihan yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Pelalawan ini dilaksanakan di Hotel Grand Pangkalan Kerinci, Selasa, (24/8/2021).

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK memberikan apresiasi terkait dengan diadakannya pelatihan ini, karena tingginya angka kekerasan terhadap perempuan dan anak pada akhir-akhir ini. Menurutnya, lembaga perlindungan sebagai pemenuhan hak korban sangat diperlukan bagi masyarakat ketika mengalami kekerasan.

"Dengan adanya pelatihan ini, maka akan kita harapkan bagi para korban berani mengutarakan dan menuntut haknya sebagai perempuan dan berani mengungkapkan kekerasan yang dialaminya melalui wadah yang telah disediakan oleh pemerintah," terangnya.

Sella Pitaloka Zukri mengungkapkan, sebagai wujud perhatian pihak Pemerintah Kabupaten Pelalawan terhadap terjadinya kekerasan pada perempuan dan anak, maka Pemerintah Kabupaten Pelalawan telah membentuk UPTD PPA (Unit Pelaksana Teknis Daerah Perlindungan Perempuan dan Anak).

Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan Pelatihan Penguatan dan Pengembangan Lembaga Penyedia Layanan Perlindungan Perempuan Tingkat Daerah Kabupaten/Kota Tahun 2021 salah satunya adalah tersedianya wadah pelayanan bagi perempuan dan anak yang mengalami tindak kekerasan fisik dan psikis. Pemerintah juga memberikan pendampingan fasilitasi rujukan konsultasi dan advokasi.

Di akhir sambutannya Sella Pitaloka Zukri menyampaikan harapannya agar semua pihak dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai wewenang yang sudah ada di instansi masing-masing. 

Hadir dalam acara ini Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pelalawan Ferry Zukarnain Fasda Bino, SE., M.Si dan Kabid DP3AP2KB Edison, M. Si, narasumber Psikolog dari Provinsi Riau  Dr. Sigit Nugroho, M.Psi, narasumber dari Polres Pelalawan Syahrul, perwakilan peserta daerah 12 Kecamatan sebanyak 58 orang yaitu dari Polres Pelalawan, Kapolsek, KUA, Kejaksaan, Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kemenag, dan perwakilan dari dinas yang terkait.(rls/jon)