Tiga Dirusak Agar Api Tak Menyebar

Kebakaran Di Jalan Tanah Putih Satu Rumah Tinggal Puing

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Sabtu (5/2/2022) Jam 09.30 WIB pagi ini api menghanguskan 1 unit rumah di Jalan Tanah Putih RT 002 RW 001 Kelurahan Bagan Kota Bagansiapiapi Rohil.

Jago merah menghanguskan satu unit rumah terbuat dari papan dan tiga rumah berhampiran terpaksa harus dirusak agar api tidak menjalar ke kiri dan kanan rumah lainnya.

Kebakaran di Jalan Tanah Putih ini menghanguskan rumah milik Remi (65) yang ditempati anaknya Romi (32) dalam kondisi gangguan jiwa alias ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa).

Dua unit Damkar Pemkab Rohil dibantu dua unit mesin pompa air paguyuban warga Tionghua bersama warga berjibaku memadamkan api. Hampir selama satu jam memadamkan kobaran api akhirnya dapat di kuasai.

Dalam musibah tersebut terdata menghanguskan  rumah milik Remi (65) dan tiga rumah lainya masing-masing milik Seri (67), Hasan dan Samawah mengalami rusak saat upaya memadamkan api agar tak menjalar ke rumah lainnya.

Di lokasi kebakaran terlihat Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto dan personil Polsek Bangko bersama personil Koramil 01 Bangko turut membantu memadamkan api dan mengamankan TKP.

Rozali, Ketua RT 002 Kelurahan Bagan Kota menyebutkan rumah yang terbakar tersebut milik Remi (65) yang di huni seorang anaknya yang mengalami gangguan jiwa. " Rumah dihuni anak Bang Remi, beliau sedang tidak di rumah, " aku Ketua RT 002 Bagan Kota ini.

Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto SH Sik melalui Kapolsek Bangko AKP Dedi Susanto SH, di lokasi kebakaran menyebutkan asal api dalam penyelidikan termasuk juga jumlah kerugian dari musibah tersebut.

" Asal api dalam penyelidikan, juga jumlah kerugian akibat kejadian ini. Berkat kerja keras personil Damkar, Paguyuban dan warga, api cepat dapat di padamkan, " tegas Kapolsek Bangko.

Warga sekitar TKP menuturkan api cepat menjalar membuat warga tetangga kiri dan kanan rumah Remi histeris dan trauma melihat api. " Tak tentu kami, namun bagaimana, yang penting menyelamatkan diri membawa anak termasuk berupaya menyelamatkan isi rumah, " ucap seorang IRT sambil menangis.

Data di rangkum di TKP tiga unit rumah tidak ikut terbakar namun isi perabotannya mengalami rusak dilalap api. " Kami bermohon segera ada bantuan karena warga korban kebakaran ini warga kurang mampu, " harap Rozali Ketua RT 002 ini. (HY)