MAN 1 Dumai Tuan Rumah Olimpiade Sains Kemenag Tingkat Provinsi Riau

DUMAI (Surya24.com) - Olimpiade Sains Kementrian Agama (Kemenag) tingkat Provinsi 2022 dibuka oleh Kemenag Dumai di Madrasah Aliah Negeri (MAN) 1 Dumai pada Kamis (17/03/2022). Acara tersebut dibuka oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Dumai yang diwakili Kasubag Kemenag Kota Dumai Drs H Zulkifli didampingi Seksi Kependidikan Kemenag Kota Dumai Syarifuddin.

Pembukaan Olimpiade Sains Pelajaran Agama dan Bahasa Arab tingkat Provinsi dari Kementrian Agama yang diadakan di MAN 1 Dumai ini dihadiri Kepala Madrasah Aliah Negeri Dumai Harianto, S.Pd, MA, segenap guru MAN 1 Dumai juga sejumlah para calon peserta anak murid MAN 1 Dumai putra putri yang siap mengikuti perlombaan tersebut hinga ke tingkat provinsi nantinya. Mereka pada saat itu terlihat begitu semangat mengikuti Olimpiade tersebut.

Syarifuddin Seksi Kependidikan Keagamaan Kemenag Dumai mengatakan Olimpiade Sains Pelajaran Agama dan Bahasa Arab tingkat provinsi ini baru pertama kalinya diadakan di Dumai dan bisa menjadi catatan sejarah para anak anak yang akan mengikutinya.

" Dari semua Olimpiade yang sudah pernah kita lakukan dari Kementrian Agama, ini baru pertamakali Olimpiade Sains Pelajaran Agama dan Bahasa Arab tingkat provisi diadakan di Dumai. Ini kita lakukan sebagai dorongan atau motivasi kepada anak anak kita di Madrasah se Riau untuk lebih giat lagi belajar menggali ilmu keagamaan," ungkap Seksi Kependidikan Keagamaan Kemenag Dumai ini.

Di sampaikan lagi oleh Kemenag Dumai bahwa nantinya para peserta yang mengikuti Olimpiade tersebut akan ada yang gugur dan diseleksi lagi setelah mengikuti Olimpiade ini untuk melanjutkan ke tingkat provinsi Riau. Soalan soalan Olimpiade Pelajaran Agama dan Bahasa Arab ini di keluarkan dari WIR bekerjasama dengan Kementrian Agama. 

Sementara Kepala Madrasah Aliah Negeri 1 Dumai Harianto, S. Pd, MA bersyukur telah sukses dalam acara pembukaan Olimpiade Sains Pelajaran Agama dan Bahasa Arab tingkat Provinsi Riau yang dibuka di Madrasah Aliah Negeri 1 Dumai sebagai tuan rumah di Olimpiade tersebut. Ia berharap para anak anak muridnya mendapatkan prestasi yang cemerlang di ajang Olimpiade Sains tingkat Provinsi Riau itu.

"Alhamdulillah saya bersyukur kepada Allah SWT yang telah sukses nya acara pembukaan Olimpiade Sains dari kementrian agama untuk kelas satu (1) dan dua (2) yang di ikuti murid Madrasah Aliah Negri 1 Dumai putra dan putri. Saya yakin para murid murid MAN 1 Dumai yang mengikuti Olimpiade Sains ini akan bisa mendapatkan prestasi yang baik dan cemerlang. Hasil nya sebelum tanggal 28 Maret ini akan di umumkan dan dilanjutkan ke tingkat Provinsi," ujar Kepala MAN 1 Dumai saat itu.

Kepala Madrasah Aliah 1 Negeri Kota Dumai Harianto juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Kementrian Agama Kota Dumai dan para tim pengawasan dan lainnya yang telah menyempatkan diri untuk fokus dalam kegiatan ini hinga akhirnya nanti di umum kan hasil dari para peserta yang mengikuti Olimpiade Sains Bahasa Arab dan Pelajaran Agama tingkat provinsi itu.

Harianto mengatakan akan ada doorprize buat para anak murid di kelas 1 dan 2 yang akan mendapat nilai atau menang dalam Olimpiade tersebut. Doorprize ini dari pihak sekolah untuk penghargaan kepada yang berprestasi.

Walau pun pada saat itu Madrasah Aliah Negeri 1 Kota Dumai sedang menghadapi Ujian di kelas III, kegiatan Olimpiade Sains Bahasa Arab dan pelajaran Agama tingkat provinsi Riau tidak akan mengganggu aktivitas proses Ujian anak kelas III tersebut.(zul)