INFOTORIAL PEMERINTAH KOTA DUMAI

Wako Dumai Dampingi Wagubri Safari Ramadhan di Masjid Baiturrahim Bukit Kapur

DUMAI (Surya24.com) - Wali Kota Dumai, H Paisal mendampingi Wakil Gubernur Riau (Wagubri), Edy Natar Nasution, dalam rangka Safari Ramadan 1443 H/2022 M di Kota Dumai tepatnya di Masjid Baiturrahim, Jalan Utama, Kampung Baru, RT 06, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Bukit Kapur, Senin malam (11/04/2022).

Dikutip dari laman Media Center Riau, Safari Ramadhan yang dilakukan Edy Nasution bersama rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada saat ini merupakan safari Ramadhan yang ke-4, yang pertama dilaksanakan di Kabupaten Rokan Hulu, kedua di Kabupaten Indragiri Hilir, Ketiga di Kabupaten Indragiri Hulu.

"Malam ini saya sungguh merasa bahagia bisa menghadapi bapak-ibu sekalian," ucap Edy Nasution. Wagubri mengungkapkan bahwa Ramadhan ini merupakan bulan penuh berkah dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan ibadah dan meningkatkan kepedulian sosial sesama, seperti bersedekah makanan saat berbuka atau sahur di masjid.

"Apalagi sudah dua tahun kita dilanda Covid-19 tentu saja kita menghadapi situasi seperti ini, karena bagaimanapun Ramadhan yang kita tunggu-tunggu. Alhamdulillah saat ini sudah sedikit lebih longgar daripada tahun sebelumnya," tuturnya.

Hal inilah yang perlu dijaga dengan baik agar kedepannya lebih leluasa lagi dalam beraktivitas. Selain itu, Edy Nasution juga mengajak masyarakat walaupun bulan Ramadhan nanti selesai, namun ibadah dapat terus ditingkatkan, termasuk meningkatkan kepedulian sosial terhadap lingkungan sekitar, membantu saudara yang membutuhkan bantuan sesama.

"Karena itu, pentingnya kita untuk saling menjaga silahturahim agar dapat saling membantu dan memiliki kepedulian sosial lingkungan sekitar kita," imbuh orang 2 di Riau.

Sementara itu, Wali Kota Dumai Paisal dalam sambutannya menyebutkan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Dumai akan terus mengoptimalkan membangun infrastruktur dan juga kedepannya akan menjadikan Kota Dumai sebagai kota religi.

"Mohon doa dari masyarakat, Insya Allah kedepannya Dumai yang selama ini dikenal sebagai tempat negatif akan kita kembangkan menjadi destinasi wisata religi. Kami yakin dengan agama kita kembangkan, Kota Dumai akan menjadi kota yang Baldatun Thoyibatun Warobbun Ghofur," sebut Paisal.

Walikota berharap kunjungan Safari Ramadhan Wagubri ke Kota Dumai semakin mempererat jalinan silahturahmi antara Pemprov Riau dan Pemko Dumai. Melalui safari Ramadhan ini juga, Wagubri juga dapat melihat perkembangan pembangunan yang ada di Kota Dumai.

"Kegiatan ini diharapkan jadi sarana silahturahmi. Kami berharap Wagubri juga dapat melihat perkembangan pembangunan di Kota Dumai kita ini," pungkas Paisal.

Dalam kegiatan safari tersebut, Wagubri turut menyerahkan bantuan Bank Riau Kepri (BRK) berupa program kemitraan (CSR) untuk pembangunan masjid sebesar Rp50 juta, 1.432 Paket Santunan Idul Fitri (SPSI) dari Baznas senilai Rp500 juta, dan BPJS Ketenagakerjaan. 

Secara simbolis, Direktur Utama BRK Andi Buchari menyerahkan kepada Wakil Gubernur, Edy Natar Natar bantuan CSR berupa uang mesjid sebesar Rp50 juta dan diterima oleh pengurus Masjid Baiturrahim.

Selanjutnya menyerahkan jam digital penunjuk waktu shalat, serta bantuan paket sembako untuk pengurus mesjid (imam, muazin dan gharim).

Tak hanya itu, Andi Buchari juga menyerahkan CSR untuk Pemko Dumai yang diterima secara simbolis oleh Walikota Dumai, Paisal berupa 5 (lima) unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah, dan 40 (empat puluh) unit etalase yang diletakkan di Kampung Kuliner Taman Bukit Gelanggang kota Dumai. 

Dalam lawatan Safari Ramadan di Dumai, turut mendampingi Wagubri yaitu Staf Ahli Gubernur Riau Yurnalis, Kepala Dinas Perkebunan Riau Zulfadli, Direktur RSUD Arifin Achmad Riau Wan Fajriatul dan pejabat Pemprov Riau, serta jajaran di lingkungan Pemko Dumai. (Diskominfo Dumai)