Jembatan Sungai Piring Memprihatinkan, Pemkab Inhil Akan Berkoordinasi dengan Pemprov Riau

TEMBILAHAN (Surya24.com) - Ruas jalan dari Sungai Luar menuju Teluk Pinang hingga Kuala Gaung Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terlihat banyak jalan berlubang dan jembatan ambruk.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Inhil Umar, MT mengungkapkan bahwa ruas jalan serta jembatan tersebut sudah menjadi kewenangan pemerintah Provinsi Riau.

"Memang kondisi jembatan ini awalnya dibangun oleh Kabupaten, semenjak tahun 2017 ruas jalan ini pindah ke ruas jalan Provinsi, yang nama ruasnya Sungai Luar - Teluk Pinang - Kuala Gaung. Ruas jalan provinsi ini secara teknis belum pernah ditangani pelaksanaan fisik oleh Provinsi," kata Umar saat diwawancarai wartawan, Selasa (10/5/22).

Umar menambahkan bahwa jika melihat langsung kondisi fisik jembatan sungai piring tersebut sudah kondisinya sangat-sangat parah untuk dilewati oleh masyarakat.

"Jembatan Sungai Piring ini kita lihat rusaknya sudah sangat parah, sudah menghalangi masyarakat ketika air dalam. Kita sudah cek ke lapangan, tim teknis Bina Marga turun langsung ke lapangan melihat jembatan ini yang rusaknya tu sudah cukup berat," sambungnya.

Ia menjelaskan bahwa kabupaten tidak memiliki anggaran untuk melakukan pembenahan jalan dan jembatan itu. " Kalau menangani jembatan ini keterbatasan anggaran juga. Cukup besar itu, bentangannya cukup panjang, tidak sedikit anggaran," ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya akan berusaha berkoordinasi dengan pemerintah Provinsi Riau untuk tetap mempertahankan jalan yang sudah menjadi kewenangan Provinsi.

"Kita koordinasi dengan pihak provinsi. Kami mohon kepada provinsi harus sama-samalah membenahi. Walaupun ruas jalan ini tanggungjawab provinsi tolong bantulah kita kabupaten ini untuk mengantisipasi supaya jembatannya tidak runtuh lagi," imbuhnya.(Mul)