Pemkab Siak Gelar Upacara Peringatan Harkitnas 2022

SIAK (Surya24.com) – Pemerintah Kabupaten Siak menggelar upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke 144, yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Siak. Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-114 tahun 2022, mengambil tema “Ayo Bangkit Bersama.”

Saat membacakan sambutan tertulis dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Wakil Bupati Siak Husni Merza mengatakan tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tersebut, sebagai bentuk seruan agar kita bisa bangkit bersama dari pandemi COVID-19 yang sudah melanda dua tahun terakhir. 

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini hendaknya tidak hanya kita maknai sebagai seremonial saja. Guna memahami esensi sejarah Kebangkitan Nasional, mari sejenak kita telaah sisi historis di balik peringatan Hari Kebangkitan Nasional”, ucap Husni Merza saat membacakan sambutan Mentri Komunikasi dan Informasi RI, Jumat (20/5/2022). 

Sambung Husni, pada sisi Penangan Covid-19 di tingkat Nasional, dapat dilihat bahwa upaya kian menunjukan hasil yang positif, ditunjukkan dengan kasus baru harian dibawah 400 kasus dan total kasus aktif yang sudah berada dibawah angka 5.000 kasus (data per 31 Mei 2022). Selain itu capaian vaksinasi dosis kedua juga sudah mencapai 79 persen. Namum demikian, harus tetap waspada meningkatkan disiplin protokol kesehatan. 

"Pada Momentum yang baik ini makin diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together, Recover Stronger, dengan tujuan dapat memberikan spirit baru dalam mewujudkan tatanan dunia yang dapat memberikan kesejahteraan dan kemakmuran yang inklusif, serta menjamin keberlanjutan kehidupan di masa depan,” jelas Wabup. (rls)