Baznas Bengkalis Adakan Bimtek untuk Kecamatan Bathin Solapan

BENGKALIS (Surya24.com) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Bengkalis telah meningkatkan kompetensi para amil untuk menambah khazanah dan keilmuwan agar dapat mengembangkan dan mengelola zakat dengan lebih profesional, amanah, dan akuntabel.

Saat ini Kabupaten Bengkalis telah memiliki BAZNAS sebagai lembaga non pemerintah yang keberadaannya diakui oleh negara untuk mengurusi persoalan zakat, infaq dan sedekah.

Hal tersebut disampaikan Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Andris Wasono, saat membuka Bimtek Amil, Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Se-Kecamatan Bathin Solapan bertempat di Aula Kantor Camat Bathin Solapan, Kamis (16/06/2022) pagi.

"Besarnya potensi zakat yang kita miliki saat ini, tentunya tidak akan tercover sendiri oleh komisioner Baznas, yang personilnya cukup terbatas. Akan tetapi, segala potensi tersebut, dapat kita optimalkan, jika adanya sinergi serta dukungan penuh dari para amil yang berada di unit pengumpul zakat di setiap kecamatan, desa, kelurahan, sekolah, mesjid, perusahaan dan tempat-tempat lainnya, sesuai peran dan fungsinya," jelas Andris.

Keberadaan amil didalam wilayah Kecamatan Bathin Solapan ini, perlu ditingkatkan kompetensinya dengan memberikan bimbingan tekhnis, agar kedepannya para amil memiliki kemampuan lebih dalam mengumpulkan zakat, dengan mengerahkan segala tenaga dan pikirannya serta dapat melakukan operasionalisasi zakat menjadi lebih baik, sehingga apa yang menjadi tujuan zakat itu sendiri dapat dicapai secara sistematis.

"Kepada para amil, agar dapat mengikuti bimtek ini dengan serius dan semangat, guna meningkatkan kapasitas, pengetahuan, pemahaman serta wawasan, agar kedepannya lebih berdaya dan berhasil," harap Andris.

Tampak hadir acara tersebut ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ali Ambar, Sekcam Bathin Solapan Zamrico Dakanahay, Kepala dinas sosial Martini, Danrim 03/03 Bengkalis letda Arah R.Sinaga, Peserta Bimtek dan tamu undangan lainnya.(rls)