Untuk Pengendalian Banjir Akibat Curah Hujan dan Air Pasang dari Laut

Dinas PUPR Dumai Lakukan Pengerukan Drainase Jalan Ombak

Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Dumai, Wan Rieko Candra

DUMAI (Surya24.com) - Untuk pengendalian banjir di Kota Dumai Dinas Pekerjaan Umum Penata Ruang (PUPR) Kota Dumai melalui Bagian Sumber Daya Air (SDA) melakukan pengerukan sampah dan lumpur di drainase. Pengerukan sampah ini dilakukan di Jalan Ombak karena sampah dan lumpur di dranase jalan tersebut sudah begitu padat.

Kepala Dinas PUPR Kota Dumai, Reza Pahlevi melalui Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Dumai, Wan Rieko Candra mengatakan saat ini mereka sedang mengeruk sampah dan lumpur di jalan Ombak. Dan pengerukan itu juga tidak bisa sekali di kerjakan namun berulang kali melihat kondisi di lapangan.

" Saat ini kita di SDA PUPR Kota Dumai sedang melakukan pengerukan atau normalisasi drainase di jalan ombak, melihat kondisi lumpur dan sampah disana terlalu padat. Pengerjaan ini akan berulang dilakukan dan tidak bisa sekali saja, karena sampah dan lumpur disana sudah terlalu padat dan penuh," sebut Kepala Bidang Sumber Daya Air, Wan Rieko Candra di ruangan kerjanya, Senin (11/072022).

Ia menambahkan alat yang di turunkan saat ini adalah exskapator mini dan beberapa alat manual serta segenap jumlah personil yang di turunkan untuk pengerjaan normalisasi drainase jalan Ombak sebagai pengendalian banjir. Jika pengerjaan normalisasi ini rutin dilakukan diperkirakan air akan cepat surut apabila hujan turun maupun naiknya air pasang.

Sebagaimana kita ketahui di Kota Dumai sebelumnya sudah sering dilanda banjir besar dari curahan air hujan maupun air pasang dari laut. Tidak bisa pungkiri soal banjir di kota Dumai, seperti pada tahun sebelumnya di daerah Bumi Ayu sempat terjadi banjir yang sangat besar.

Menurut salah seorang sumber, Bhainur (56) mengatakan kalau Dumai tidak bisa mengelak banjir yang datang dari curahan hujan dan air pasang dari laut. Pasti dilanda kebanjiran dan solusinya normalisasi drainase dan sungai agar air cepat surut.

" Di Dumai kita tidak bisa mengelak banjir dari curahan hujan dan air pasang laut, untuk solusi atau mengatasi hal itu harus di normalisasi baikbsungai maupun drainase yang ada di perkotaan agar aliran air menjadi lancar yang akan mempercepat surutnya banjir tersebut, " ungkapnya.(zul)