Asisten Administrasi Umum Bengkalis Buka Bimtek SIPD E-BLUD

BENGKALIS (Surya24.com) - Bupati Bengkalis diwakili Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis Aulia membuka acara Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) E-BLUD, Sabtu (20/08/2022) di Hotel Bono Pekanbaru.

Dalam sambutannya Aulia menyampaikan Kabupaten Bengkalis sebagaimana yang telah ditetapkan sesuai dengan Keputusan Bupati Bengkalis ada 2 perangkat daerah yang telah menerapkan pola pengelolaan keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Bengkalis, Rumah Sakit Umum Daerah Kecamatan Mandau serta delapan belas unit pelaksana teknis pusat kesehatan masyarakat yang tersebar di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Penerapan pengelolaan BLUD di 2 Rumah Sakit serta 18 puskesmas tersebut sudah dimulai sejak tanggal 20 September 2021 yang lalu, namun demikian, dalam pelaksanaannya saat ini pegelolaan keuangan BLUD kita, masih memiliki beberapa kendala, mulai dari penganggaran, penatausahaan, hingga pertanggungjawabannya," jelasnya.

Untuk itu sambung Aulia, agar pelaksanaan pengelolaan BLUD ini kedepannya dapat dilaksanakan secara lebih efektif, optimal dan ideal, makanya perlu kita laksanakan bimbingan teknis ini, guna memberikan pemahaman kepada kita sebagai peserta Bimtek, terkait proses penganggaran, penatausahaan, pertanggungjawaban dan penyusunan laporan keuangan BLUD dengan aplikasi SPID e-BLUD tersebut.

"Melalui Bimtek SIPD E-BLUD ini kita dapat bersama-sama mempelajari teknis apa saja yang seharusnya dilakukan dalam mengelola dana BLUD yang sesuai dan sejalan dengan aturan maupun ketentuan yang berlaku," harap Aulia.

Kepada BPKAD selaku pembina keuangan BLUD lebih komperehensif melakukan pembinaan sumber daya manusia, dan juga Dinas Kesehatan selaku pembina teknis, agar lebih pro aktif dalam melakukan pembinaan pada BLUD tentunya didukung system pengelola keuangan yang kompatibel dan terintegrasi sehingga akan dapat mempercepat dan sangat efektif dalam menyusun laporan keuangan periodik maupun laporan keuangan konsolidasi Pemerintah Daerah yang valid, handal dan akuntabel," pesan Aulia.

Terlihat Hadir Narasumber dari Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik Fisip UI Alvia Rahmah dan Latifah, Kepala BPKAD H. Aready, Sekretaris Inspektorat Dedy Kurniawan, Irban I Inspektorat Hamdan, Irban II Inspektorat Edi Setiawan, Irban III Inspektorat Maula Afrizal dan Kabid Akuntansi dan Pelaporan BPKAD Wan Eva serta peserta Bimtek lainnya.(rls)