DPMPTSP Kabupaten Bengkalis Laksanakan Kegiatan RUPM

BENGKALIS (Surya24.com) - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Bengkalis melaksanakan kegiatan konsultasi publik dalam rangka penyusunan Rencana Umum Penanaman Modal (RUPM) Kabupaten Bengkalis tahap II, Jum'at (26/8/2022), di Ballroom Hotel Surya Duri.

Kegiatan dalam rangka peningkatan daya saing penanaman modal ini dibuka langsung Bupati Bengkalis melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan H Heri Indra Putra. Dan yang bertindak selaku narasumber dalam kegiatan itu, Dr. Meyzi Heriyanto dan Rendra Wasnury, dari Pusat Studi Industri dan Perkotaan UNRI.

H Heri Indra Putra dalam arahannya menginginkan penyusunan rencana umum penanaman modal dapat terselesaikan dengan cepat, mudah, terukur dan terarah.

"Penyusunan RUPM ini bertujuan untuk memberikan arah dan pedoman kebijakan investasi di Kabupaten Bengkalis. Dengan harapan dapat menghasilkan dokumen perencanaan jangka panjang yang bersifat komplementer terhadap perencanaan sektoral. Dapat berfungsi dalam mensinergikan dan mengoperasionalkan seluruh kepentingan sektoral di bidang penanaman modal di Kabupaten Bengkalis, sehingga tidak akan terjadi tumpang tindih dengan penetapan prioritas dari sektor-sektor yang akan dipromosikan," harap Heri.

Kebijakan penanaman modal dan peta panduan implementasi rencana umum penanaman modal, sambung Heri lagi meliputi 7 elemen utama sebagai langkah strategis yang akan ditempuh oleh Pemerintah dalam mencapai penanaman modal nasional yakni maju dan sejahtera.

"Perbaikan iklim penanaman modal, persebaran penanaman modal, fokus pengembangan pangan, penanaman modal dan berwawasan lingkungan," kata Heri.

Sedangkan peta panduan implementasi rencana umum penanaman modal tambah Heri, merupakan peta jalan yang berisikan rencana aksi dalam rangka pencapaian visi dan misi yang terbagi dalam 4 fase diantaranya: fase pengembangan penanaman modal yang relatif mudah dan cepat menghasilkan, fase percepatan pembangunan infrastruktur dan energi, fase pengembangan industri berskala besar, dan fase pengembangan ekonomi berbasis pengetahuan.

"Kepada seluruh Perangkat Daerah terkait, kiranya dapat terus mengembangkan kegiatan-kegiatan ekonomi yang bisa mengubah keunggulan komparatif menjadi keunggulan kompetitif, sehingga tercapainya pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dan berkeseimbangan serta terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif, dalam mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera," pungkasnya.

Tampak hadir Kadis DPMPTSP Basuki Rahmad, Kadis Koperasi UKM Kabupaten Bengkalis Supandi, Camat Rupat Aulia Army Efendi, Camat Rupat Utara Afrizal, Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma, Sekcam Mandau Yoan Dema, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, Manager PGPA Assets North, Rudi Arief serta pejabat dilingkup Pemkab Bengkalis.(rls)