Ini Cara Membuat Kecap Inggris Rumahan, Bekal Bikin Chinese Food untuk Jualan

Ilustrasi (Dok:SHUTTERSTOCK/NUTRIA3000)

JAKARTA (Surya24.com) - Kecap inggris biasa digunakan dalam chinese food yang membuat masakan bercita rasa gurih dan asam. Beberapa bahan utama kecap inggris adalah cuka, buah asam, molase, dan ikan teri.

Siapa sangka kamu dapat membuat saus gurih ini di rumah. Kamu dapat mengikuti resep kecap inggris dari The Spruce Eats. Resep ini menggunakan cabai jalapeno.

Melansir kompas.com dikutip dari Chillipeppermadness.com, jenis cabai yang satu ini berasal dari Meksiko. Ukuran jalapeno dewasa sekitar sekitar lima hingga tujuh sentimeter atau seukuran jari telunjuk orang dewasa.

Jalapeno biasanya dipanen ketika masih berwarna hijau. Namun, terkadang para petani cabai jalapeno juga membiarkannya matang sampai berubah warna menjadi merah.

The Spruce Eats menggunakan dark beer yang mengandung alkohol. Bahan beralkohol daftar bahan dapat diganti dengan kaldu ayam, kaldu sapi, atau kaldu jamur.

Resep kecap inggris

Bahan kecap inggris

2 sendok makan minyak zaitun

2 bawang bombai manis besar, cincang kasar

125 gram pasta asam jawa

2 sendok makan bawang putih cincang

2 sendok makan jahe cincang

2 buah cabai jalapeno, buang bijinya, cincang

65 gram ikan teri, cincang

65 gram pasta tomat

2 buah cengkih utuh

2 sendok makan lada hitam segar, hancurkan

125 ml sirup jagung hitam

250 ml molase (tetes tebu)

750 ml cuka putih

250 ml dark beer

125 ml air jeruk

500 ml air 1 buah lemon, iris tipis

1 jeruk nipis, iris tipis

Cara membuat kecap inggris

Panaskan minyak zaitun dalam panci besar dan tumis bawang bombai sampai lunak, sekitar tujuh menit.

Tambahkan pasta asam, bawang putih, jahe, dan jalapeno. Masak dengan api sedang-rendah selama lima menit. Tambahkan sisa bahan dan aduk-aduk.

Rebus sampai mendidih. Lalu kecilkan api dan didihkan kembali. Aduk sesekali, selama sekitar lima jam. Jika sudah cukup kental, saus atau kecap sudah masak.

Saring saus ke dalam botol kaca atau stoples dan dinginkan. Kecap inggris siap digunakan untuk membuat masakan favorit kamu.***