Diikuti Pekerja dan Mitra Kerja RU II Dumai

PT KPI RU II Dumai Gelar Lomba Lintas Alam-Eco Walk

DUMAI (Surya24.com) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit II Dumai menggelar kegiatan Lomba Lintas Alam-Eco Walk yang dipusatkan di areal Danau Telaga Tirta Bukit Datuk, Ahad (17/9/2022).

Kegiatan lomba lintas alam – Eco Walk dengan tema “Sinergi Energi, Lestarikan Bumi”, diselenggarakan oleh HSSE
RU II Dumai didukung oleh para panitia dari Bapor Pecinta Alam – PATRA PALA.

Kegiatan ini adalah lomba lintas alam pertama yang diselenggarakan oleh RU II, selain diikuti oleh para pekerja dan mitra kerja RU II Dumai & Sei Pakning,
juga ada peserta yang berasal dari Pangkalan Brandan, PGN, PERTAGAS dan LBO (PATRA SK).

General Manager PT Kilang Pertamina Internasional Unit II, Khabibullah Khanafie mengatakan, kegiatan lomba lintas alam – Eco Walk ini merupakan kegiatan yang sangat bagus untuk mengedukasi para perwira pertamina untuk dapat mengenali dan menjaga alam lingkungan sekitar.

" Didalam kegiatan ini selain lomba alam juga ada program penghijauan yang merupakan program konservasi jangka panjang yang sejalan dengan program environment dalam mensukseskan target
proklim dan PROPER RU II. Selain itu, program penghijauan tersebut juga berfungsi untuk menambah serapan CO2 sesuai dengan program dekarbonisasi, "ujar GM PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie.

Lomba lintas alam ini, kata Khanafie, nantinya para peserta akan melewati rute melewati hutan kota. Para peserta tentu akan melihat flora dan fauna yang ada didalam hutan kota, maka hal ini juga menjadi kegiatan untuk mensosialisasikan hutan kota.

" Semoga kegiatan lomba lintas alam ini
dapat diadakan setiap tahunnya, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif dan berfungsi untuk mengedukasi para perwira-perwira pertamina mengenali lingkungan sekitar kita, "pungkasnya.

Sementara itu, Pembina Kegiatan Lomba Lintas Alam - Eco Walk, Oky Wibisono menyebutkan dalam kegiatan lomba lintas alam ini juga ada program penghijauan berupa kegiatan penanaman 100 pohon buah di lokasi ex buangan sampah.

" Program Penghijauan ini dalam rangka
memperingati hari ozon sedunia yang diperingati setiap tanggal 16 September. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membuat kita untuk lebih mencintai alam sekitar kita. Alam lingkungan
yang harus selalu kita jaga agar tetap lestari. Alam yang lestari dapat membantu mengurangi penipisan lapisan ozon bumi demi keselamatan dunia, "katanya.

Ketua Pelaksana Lomba Lintas Alam - Eco Walk, Arizal menyampaikan, telah membuka pendaftaran Lomba Lintas Alam – Eco Walk selama seminggu, pendaftaran lomba dilakukan dari tanggal 4 September 2022 sampai tanggal 11 September 2022.

" Lomba ini diikuti oleh 28 Tim (140 orang), para peserta yakni para pekerja dan mitra kerja RU II Dumai & Sei Pakning, serta peserta eksternal yang berasal dari Pangkalan Brandan, PGN, PERTAGAS dan LBO (Patra SK), "terang Ariza, didampingi Seksi Acara Aldi Syarief.

Total jarak tempuh yang akan dilewati oleh para peserta lomba Eco Walk, kata Arizal adalah 7,1 km, dengan total waktu tempuh 4 jam serta kondisi medan kering dan berair.

Dalam kegiatan lomba lintas alam – Eco Walk ini ada 4 POS Utama dan 3 Pos Bayangan, setiap pos utama akan ada panitia dan petugas medis.

Para peserta diwajibkan untuk menjawab kuis yang ada di tiap pos utama, Kuis pos 1 = soal umum, Kuis pos 2 = soal mengenai Environment, Kuis pos 3 = soal mengenai Safety dan Health. Dalam lomba ini para peserta juga akan melaksanakan game halang rintang.(cu)