Alat Bedah Mengerikan Ditemukan di Makam Berusia 1.000 Tahun

Ilustrasi (Dok: Nationalgeographic.co.id)

 

JAKARTA (Surya24.com) - Makam seorang ahli bedah kuno telah ditemukan di Peru berisi alat bedahnya yang mengerikan. Termasuk pisau, jarum, dan tumis, alat logam tajam yang digunakan untuk tujuan medis atau pengorbanan. Peru kuno terkenal dengan teknik bedah canggih mereka termasuk operasi tengkorak.

Dikutip Ancient Origins, makam itu digali di sebuah kuil upacara di situs arkeologi Huaca Las Ventanas di Lambayeque, Peru. Itu milik seorang ahli bedah dari periode Sican Tengah (900–1050 M).

Melansir natiobalgeographic.com, budaya Sican, juga dikenal sebagai budaya Lambayeque untuk wilayah yang pernah mereka huni, adalah salah satu dari banyak budaya yang ada di Peru sebelum kedatangan suku Inca. Bangsa Sican mendiami pantai utara Peru modern dari sekitar tahun 750 hingga 1375 M.

Ahli bedah yang meninggal telah ditempatkan dalam posisi duduk dengan kaki disilangkan. Di dalam kuburan, para arkeolog menemukan berbagai barang kuburan termasuk topeng emas dengan mata berbulu, pelindung dada perunggu besar, dan mangkuk tembaga berlapis emas, yang menunjukkan statusnya yang tinggi, serta peralatan bedah.

“Yang paling menarik adalah seperangkat penusuk, jarum, dan pisau, beberapa di antaranya dengan ujung tajam di satu sisi dan ujung tumpul di sisi lain; ukurannya bervariasi, dan beberapa memiliki gagang kayu," ujar Direktur Museum Nasional Sican.

Makam rumit seorang ahli bedah ditemukan di Lambayeque, Peru.

Menurut Arkeonews, makam itu berisi “total sekitar 50 pisau, beberapa dengan satu ujung tombak. Sebagian besar adalah paduan perunggu dengan kandungan arsenik tinggi. Beberapa memiliki pegangan kayu. Ada juga tumi, pisau upacara dengan mata pisau bulan sabit. ‘

Oleh tumi adalah planchette logam dengan simbol yang terkait dengan instrumen bedah. Dua tulang frontal, satu dewasa dan satu remaja, ditemukan di sebelah planchette. Tanda pada tulang menunjukkan bahwa mereka sengaja dipotong dengan teknik trepanasi.”

Carlos Elera, direktur Museum Nasional Sicán, mengatakan bahwa alat tersebut konsisten dengan yang digunakan dalam operasi tengkorak manusia dan temuan menunjukkan ahli bedah adalah spesialis dalam trepanasi tengkorak.

Bedah Tengkorak di Peru Kuno

Tengkorak dengan lubang yang dibor dengan rapi, beberapa dengan tulang yang sembuh di sekitar tepinya, menunjukkan bukti trepanasi—tindakan menggores, memotong, atau mengebor lubang ke dalam tempurung kepala.

Peralatan bedah ditemukan dari makam.

Sebuah studi pada tahun 2018 mengungkapkan bahwa trepanasi dipraktikkan dengan sangat ahli di Peru kuno. Sehingga tingkat kelangsungan hidup untuk prosedur selama Kekaisaran Inca adalah sekitar dua kali lipat dari Perang Saudara Amerika. Lebih dari tiga abad kemudian, tentara mungkin ditrepanasi oleh ahli bedah terdidik yang lebih terlatih.

Sangat sedikit yang diketahui tentang apa anestesi yang digunakan selama prosedur bedah ini.

"Kami tidak tahu bagaimana orang Peru kuno mencegah infeksi, tetapi tampaknya mereka melakukannya dengan baik. Kami juga tidak tahu apa yang mereka gunakan sebagai anestesi, tetapi karena ada begitu banyak (operasi tengkorak) mereka pasti menggunakan sesuatu—mungkin daun koka," kata Dr David S. Kushner, profesor klinis kedokteran fisik dan rehabilitasi.

"Mungkin ada sesuatu yang lain, mungkin minuman fermentasi. Tidak ada catatan tertulis, jadi kami tidak tahu," sambungnya.

Menariknya, sepotong kulit kayu dari pohon yang tidak dikenal ditemukan di makam ahli bedah yang baru-baru ini digali. Para peneliti percaya itu digunakan untuk tujuan pengobatan sebagai infus analgesik atau anti-inflamasi, dengan cara yang sama seperti kulit pohon willow putih pada dasarnya membuat teh aspirin. Penelitian lebih lanjut dapat memberikan wawasan penting tentang bagaimana orang Peru kuno mengelola anestesi dalam prosedur bedah mereka.***