Vendor Day 2022, PT KPI RU Dumai Dorong Pengadaan Barang dan Jasa Lebih Efektif dan Efisien

DUMAI (Surya24.com) - Dalam rangka menjalin silaturahmi antara Perusahaan dengan Mitra Perusahaan serta mendorong pengadaan barang dan jasa menjadi lebih efektif dan efisien, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai menyelenggarakan Vendor Day 2022, pada Kamis (13/10) di hotel The Zuri Dumai.

Sebanyak 159 peserta dari 144 perusahaan di Dumai, Sungai Pakning dan luar daerah lainnya mengikuti kegiatan tersebut yang mengangkat tema “Sosialisasi Prosedur dan Ketentuan yang Berlaku untuk Meningkatkan Efektivitas Proses Pengadaan Kegiatan”.

Manager Procurement RU II, Dedi Surono, menjelaskan para vendor yang ada di lingkungan perusahaan itu merupakan mitra yang dibutuhkan.

"Vendor itu adalah mitra bagi PT KPI RU Dumai yang kehadirannya dibutuhkan. Sehingga diperlukan sinergi yang lebih baik lagi kedepannya dalam menjalankan kerjasama antara kedua belah pihak hingga makin efektif dan efisien," ujarnya.

Sedangkan Pjs. General Manager PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie, dalam sambutannya mengatakan perkembangan bisnis yang cepat di satu sisi memberikan peluang baru namun juga memberikan tantangan bagi PT KPI. Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, diperlukan dukungan pengadaan barang dan jasa yang lebih efektif dan efisien.

Menurutnya pembaruan atau update prosedur dan ketentuan terkait pengadaan barang dan jasa di PT KPI yang harus dipatuhi oleh penyedia barang dan jasa.

Untuk itu PT KPI RU Dumai juga melakukan pembinaan kepada penyedia barang dan jasa agar para vendor ini memiliki kompetensi yang baik dalam mengikuti proses pengadaan atau lelang.

"Dengan diadakannya Vendor Day 2022 ini diharapkan para mitra dapat menyamakan pola pikir terkait prosedur dan ketentuan yang belaku dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa di PT KPI. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan awareness seluruh vendor terhadap seluruh aturan yang berlaku di Pertamina dan Pemerintah." ujar Pjs. General Manager PT KPI RU II, Khabibullah Khanafie, Jum'at (14/10/2022).

Adapun kegiatan vendor day hari ini juga diapresiasi oleh para peserta dari pihak vendor, dengan testimoni yang diwakili oleh HIPEBAJA dan Perkumpulan Kontraktor Pertamina RU2 dan Pertamina Hulu Rokan (PKPPHR).

"Dengan adanya kegiatan ini telah menambah wawasan dan pemahaman kami terkait dengan peraturan yang berlaku saat ini, sehingga memudahkan vendor dalam menjalankan proses pengadaan." tutupnya.(rls PT KPI)