Bupati Kampar Buka Pelatihan Peningkatan Kemampuan Deteksi Dini Bagi Anggota FKDM

BANGKINANG KOTA (Surya24.com) - Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH yang diwakili Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kampar Ardi Mardiansyah membuka secara resmi Pelatihan Peningkatan Kemampuan Deteksi Dini Bagi Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) yang ditaja Kesbangpol Kampar.

Acara yang dipusatkan di Aula Taman Rekreasi Stanum Bangkinang dijadwalkan dilakukan pada tanggal 12 hingga 13 Desember 2019. Hadir sebagai Nara sumber Pelatihan tersebut diantaranya Direktur Jenderal Polpum Kemendagri, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Riau, Kapolres Kampar, Dandim 0313 KPR serta diikuti peserta pelatihan, Kamis (12/13).

Ardhi Mardiansyah ketika membacakan sambutan Bupati Kampar menyampaikan kegiatan peningkatan kemampuan Deteksi dini bagi anggota FKDM, selain kewajiban negara dalam rangka memenuhi salah satu hak Rakyat, pemerintah harus dapat memberikan pemahaman kepada mereka.

Ditambahkan Ardhi Mardiansyah, kegiatan ini juga merupakan salah satu dialog Antara pemberi dan penerima pesan. Melalui kegiatan ini juga masyarakat dapat mengenal dan mendalami nilai-nilai, norma-norma kehidupan yang ada di negara kita.

Diakhir sambutan Bupati, Ardhi Mardiansyah juga mengungkap pentingnya fungsi FKDM yang mampu berkontribusi terhadap Pemerintah dan masyarakat dilingkungan.

Ditekankan Bupati Kampar bahwa pelatihan ini berkontribusi terhadap pemerintah dan masyarakat, serta peserta yang bertugas dilapangan benar-benar mengerti  fungsi dan tugas FKDM, serta tanggap terhadap segala sesuatu pada situasi dilingkungan bilamana terjadi masalah sekecil apapun dan cepat melaporkan agar segera diatasi. 

Sebelum sambutan Bupati Kampar, Zaid Yuli sebagi Ketua Panitia menyampaikan laporan mengenai tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi, konsolidasi, serta sinergitas antara unsur-unsur FKDM serta menambah wawasan dan pengetahuan tentang perkembangan Kambtimas diwilayahnya.

Dilanjutkan Zaid Yuli, untuk sasaran dari kegiatan ini adalah peningkatan kemampuan deteksi dini bagi anggota FKDM. Selain itu Zaid Yuli juga memaparkan peserta berjumlah 21 orang, 4 orang berasal dari FKDM Kabupaten dan 25 orang yang terdiri dari anggota FKDM Kecamatan dan Kabupaten Kampar.

Zaid Yuli juga memaparkan untuk instruktur pelaksanaan pelatihan ini diantaranya Dirjen Politik Dalam Negeri, Dirjen Politik Pemerintahan Umum dan Kemendagri. (Has)