Mari Menghitung Pendapatan YouTuber, Butuh Berapa Penonton Agar Dapat Puluhan Juta?

(Dok: Shutterstock)

JAKARTA (Surya24.com) - Menghitung Pendapatan YouTuber mungkin belum diketahui banyak orang, kira-kira butuh berapa penonton agar dapat puluhan juta? Simak artikel berikut ini.

YouTuber dapat menghasilkan puluhan jutaan rupiah dalam satu video. Untuk mendapatkan keuntungan, YouTuber harus memenuhi minimal 1.000 subscriber dan ketentuan jam tayangan.

Menjadi seorang YouTuber tentu bukan hal baru. Melihat YouTuber sukses dan terkenal dengan konten menarik menjadi dambaan banyak orang. Apalagi jika membayangkan penghasilan seorang YouTuber.

Melalui YouTube, seseorang dapat melakukan banyak hal. Mulai dari menari, bercerita, menunjukan keahlian dan konten lainnya. Dari situ YouTuber mendapat banyak penonton dan mendapatkan bayaran.

Melansir okezone.com, lantas bagaimana cara menghitung pendapatan YouTuber agar dapat puluhan juta? Dirangkum dari berbagai sumber, simak penjelasannya berikut ini.

Untuk mendapatkan penghasilan melalui YouTube, seseorang harus memiliki sekitar 1.000 subscriber. Pendapatan seorang YouTuber dapat dihitung berdasarkan cost per click (CPC) dan cost per mille (CPM).

Cost per click (CPC), yaitu penghasilan dari banyaknya subscriber yang mengklik tayangan iklan pada video tersebut. Pendapatan rata-rata per klik sekitar 0,18 dollar.

Sedangkan, cost per mille (CPM) dihitung berdasarkan 1000 penayangan iklan pada video. YouTuber dapat menerima sekitar 18 dollar atau Rp27 ribu per klik. Jika ada 1.000 tayangan maka YouTuber mendapatkan sekitar Rp270 ribuan.

 

Jika YouTuber memiliki 1 juta subscriber dengan estimasi pendapatan 5 dollar per subscriber, maka ia akan menghasilkan sekitar Rp70 juta.

Pendapatan bisa berbeda-beda tergantung jenis iklan dan banyaknya iklan yang ditampilkan dalam satu video. Hanya saja, pendapatan itu belum bagi hasil dengan YouTube.

Sumber Lain Penghasilan Youtuber

Selain iklan, YouTuber juga mendapatkan penghasilan dari afiliasi komersil dari konten yang ia buat. YouTuber juga mendapatkan penghasilan dari endorsement dan kerja sama dengan brand.

Uang yang didapatkan YouTuber dari affiliate, endorsement, dan kerja sama brand berbeda-beda tergantung perjanjian kedua belah pihak. Estimasi perhitungan affiliate, YouTuber akan mendapatkan 0,1% hingga 10% dari banyaknya penghasilan barang yang terjual.

Sedangkan, pendapatan endorsement dan kerja sama brand tergantung kesepakatan. Semakin banyak subscriber maka semakin banyak uang yang didapatkan. Demikian cara menghitung pendapatan YouTuber, semoga bisa menambah wawasan Anda.***