Penyalahgunaan Narkoba Menjadi Fokus Dalam Peringatan HBN Tingkat Sumbar

PADANG (Surya24.com) - Kepala Desa, Lurah, Walikota dan Bupati se Sumatera Barat hadir dan memenuhi Aula pertemuan The ZHM Premier Hotel Padang, Selasa, 1 November 2022. Kedatangan para pemangku jabatan itu adalah untuk mengikuti peringatan Hari Bela Negara (HBN) yang dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

Kegiatan yang dikemas dalam sebuah Apel Besar dan kegiatan seremoni lainnya itu, lansung dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, H.Mahyeldi Ansharulah, dan penyalahgunaan Narkoba, menjadi fokus dari topik yang dibicarakan oleh Gubernur Sumatera Barat.

HBN Tahun 2022 ini, mengangkat tema
"Dengan Semangat Bela Negara, Kita Wujudkan Nagari, Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba Menuju Sumatera Barat Madani yang Unggul dan Berkelanjutan, " dan disela kegiatan itu penghargaan diberikan kepada walikota Solok, H.Zul Elfian Umar yakni, penyematan Pin Relawan Anti Narkoba secara simbolis oleh Gubernur Sumatera Barat.

Dalam kesempatannya itu H.Mahyeldi menyampaikan, berdasarkan data penyalahgunaan narkoba Tahun 2019 yang dirangkum pemerintahan provinsi, berjumlah sebanyak 63.903 jiwa, dan secara Nasional pada Tahun 2021 kasus penyalahgunaan narkoba meningkat sebesar 1,5%, namun diindikasikan jumlah itu cendrung meningkat pasca Pandemi Covid-19.

Menurut Gubernur, perlu adanya upaya masih yang dikemas secara bersama, dan momen HBN menjadi hari yang tepat untuk dilaksanakan penanda tanganan bersama atas nota kesepakatan yang menjadi komitmen bersama untuk mewujudkan Nagari, Desa dan Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) menuju Sumatera Barat Madani, Unggul dan Berkelanjutan. (Basa)