Tips 7 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

(Foto: iStockphoto/Antonio_Diaz)

JAKARTA (Surya24.com) - Masalah rambut rontok bisa dialami oleh siapa saja. Apalagi ketika menginjak usia 40-an, biasanya rambut akan mulai menipis. Kerontokan rambut yang dibiarkan tanpa dibarengi perawatan, lama-kelamaan bisa menyebabkan kebotakan.

Sebelum hal itu terjadi, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi rambut rontok. Berikut cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami.

Beruntungnya, tulis cnnindonesia.com, terdapat cukup banyak bahan alami yang dipercaya mampu mengatasi dan memperbaiki kerontokan yang ada pada rambut.

Selain itu, bahan-bahan alami ini pun sudah terbukti aman untuk digunakan jika dibandingkan dengan produk kimia.

Dilansir dari laman Healthline, berikut tujuh bahan alami untuk mengatasi rambut rontok.

1. Minyak rosemary

Bahan alami pertama yang bisa untuk mengatasi rambut rontok adalah minyak rosemary. Ekstrak dari tumbuhan yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan ini ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Selain mengatasi kerontokan, minyak rosemary juga bisa merangsang pertumbuhan dari rambut baru sekaligus dapat digunakan untuk membantu mengatasi alopecia androgenetik atau kerontokan permanen yang dapat menyebabkan kebotakan pada penderitanya.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang sangat bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terkait dengan kulit kepala dan rambut. Selain dapat meredakan gatal pada kulit kepala, lidah buaya ternyata juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok.

Pada lidah buaya terdapat berbagai macam kandungan nutrisi yang berguna untuk rambut. Sebut saja vitamin A, C, E, B12, dan asam folat. Semua nutrisi tersebut mampu membuat kulit kepala menjadi rileks, mencegah ketombe, dan mengatasi minyak berlebih.

 

Ketombe dan produksi minyak atau sebum berlebih, secara tidak langsung berkontribusi menyebabkan rambut rontok.

3. Minyak kelapa

Salah satu hal yang menyebabkan rambut rontok adalah hilangnya protein yang membuat rambut menjadi rapuh.

Sementara minyak kelapa kaya dengan asam laurat, yang dipercaya bisa meresap hingga ke batang rambut dan mengganti protein dari rambut yang hilang karena berbagai sebab.

Di samping itu, asam lemak dalam minyak kelapa ini berperan meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala, sehingga dapat merangsang pertumbuhan rambut sekaligus mencegahnya dari kerontokan.

4. Viviscal

Viviscal merupakan suplemen alami yang bisa digunakan untuk membantu mengurangi rambut rontok dan juga merangsang pertumbuhan rambut baru.

Suplemen ini memiliki kandungan asam amino esensial, asam lemak, mineral, dan vitamin C yang membantu memperkuat rambut dan meregenerasi rambut baru.

5. Minyak ikan

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami yang bisa Anda coba berikutnya adalah dengan mengonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya dengan kandungan asam lemak omega dan protein yang bisa membantu memperbaiki masalah rambut Anda dari dalam.

 

Selain itu, minyak ikan juga mengandung antioksidan yang akan membantu meningkatkan kepadatan dan juga diameter rambut sehingga akan membuat kerontokan rambut yang Anda alami menjadi berkurang.

6. Ginseng

Dalam ginseng terdapat sebuah komponen aktif bernama ginsenosides. Ginsenosides ini berfungsi untuk merangsang folikel rambut agar bisa meningkatkan pertumbuhan rambut baru.

Selain itu, ginseng juga berfungsi untuk membuat akar rambut menjadi lebih kuat sehingga kerontokan rambut menjadi berkurang.

7. Bawang putih

Jika Anda tak masalah dengan bau bawang putih yang sangat menyengat, maka bawang putih menjadi solusi untuk mengatasi rambut rontok karena alopecia areata.

Alopecia areata merupakan sebuah kondisi yang berkaitan dengan autoimun yang menyerang folikel rambut dan bisa menyebabkan kerontokan.

Kandungan dari bawang putih ini bisa mengatasi alopecia areata dengan cara meningkatkan pertumbuhan rambut yang hilang. Selain itu, bawang putih juga bisa meningkatkan pertumbuhan keratinosit, yang memegang peranan penting untuk pertumbuhan folikel rambut baru.

Itulah cara mengatasi rambut rontok dengan bahan alami yang bisa Anda coba.***