Wako Solok Akui Pramuka Wadah Paling Efektif Dalam Membina Generasi Muda

SANIANG BAKA (Surya24.com) - "Kami akan terus melanjutkan penggalangan semangat anak bangsa, dan akan tetap utuh bersatu dan berkarya ceria, dan kami akan jadikan mereka terdepan dalam bergerak memajukan bangsa dan negara, "kata Ilzan Sumarta.S.Pt.M.Si.

Paparan itu disampaikannya Jum'at malam, 9 Desember 2022, disela kesibukannya menghelat Perkemahan Jum'at, Sabtu, Minggu (Perjusami) Keluarga Alumni Jambore Nasional (Kajamnas) angkatan 1986 se Indonesia.

Perjusami Kajamnas angkatan 1986 se Indonesia tahun 2022, digelar di Villa 1000 Ban, Nagari Saniang Baka, Kecamatan X Koto Singkarak, kabupaten Solok. Untuk perhelatan itu, Ilzan Sumarta dipercaya sebagai ketua pelaksana kegiatan.

Kegiatan dibuka oleh walikota Solok, H.Zul Elfian Umar, dan turut dihadiri oleh wakil bupati Solok, Jon Firman Pandu, dan Ketua Kajamnas, Soni, serta undangan lainnya yang ada dimalam pembukaan itu.

Dalam laporannya Ilzan Sumarta menyebutkan, Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan, dan seluruh alumni jambore nasional akan terus melakukan pengawalan untuk mewujudkan generasi penerus agar mampu berkontribusi memajukan bangsa dan negara.

Seiring dengan itu, perlu adanya komunikasi yang inten oleh seluruh anggota dalam sebuah wadah, sehingga silahturahim dan kekuatan yang ada tetap tergalang demi mereka.

Menurut mantan anggota DPRD kota Solok dari PKS itu, kegiatan diikuti oleh 40 orang perwakilan Kajamnas se Indonesia dari 60 orang anggota yang ada.

" Kajamnas angkatan 86 berjumlah 60 orang yang berasal dari 27 provinsi, mereka terdiri dari 30 pria dan 30 wanita, " tambah Ilzan Sumarta.

Mengawali paparan yang disampaikannya, wakil bupati Solok menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta. Dikatakannya, dipilihnya daerah yang dipimpinnya itu sebagai tempat perhelatan besar itu adalah sebuah penghormatan.

" Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas penghormatan itu, dan semoga seluruh peserta mendapatkan kesan yang baik di Villa 1000 ban. Saya berharap kegiatan berjalan lancar dan baik, sehingga dapat melahirkan gagasan dan ide ide demi kemajuan para Pramuka penerus, " tutup Jon Firman Pandu.

Apresiasi serupa juga disampaikan oleh walikota Solok, menurut H.Zul Elfian Umar,  penggalangan itu menjadi hal yang langka dan mustahil dapat dilakukan kecuali oleh Alumni Jambore Pramuka.

" Ini adalah wujud dan bukti ketangguhan Pramuka, mereka tetap bersatu dan memiliki kekuatan yang nyata demi kematangan gerasi penerus agar mampu berkontribusi positif bagi bangsa dan negara, " kata walikota Solok.

Walikota Solok mengakui, Gerakan Pramuka adalah wadah paling efektif dalam membina generasi muda. Kajamnas 86 merupakan bukti, pramuka telah memupuk kebersamaan dan menciptakan kebahagiaan.

"Apresiasi kami dalam kegiatan ini, selamat datang dan semoga betah selama melakukan Perjusami. Kebahagiaan, kebersamaan dan silaturrahmi tidak dapat dibeli dengan apapun, "tutup walikota Solok. (Basa)