Selebrasi Sofiane Boufal Bersama Sang Ibu Jadi Sorotan: Ulama Indonesia Bongkar Rahasia di Balik Moncernya Perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022

(Dok: Instagram/kun_fayakun_uk)

JAKARTA (SURYA24.COM)JAKARTA - Pertandingan Maroko melawan Portugal di Piala Dunia 2022 pada Sabtu (10/12/2022) meninggalkan banyak kejutan dan momen bagi para pecinta sepak bola. Kemenangan Maroko dengan skor 1-0 itu lantas membuat penggemar terkejut dan tidak menyangka.

Mengutip suara.com, hal ini menjadi sejarah bagi Maroko bisa tembus mencapai semifinal pada ajang Piala Dunia. Setelah menjadi pemenang, para pemain Timnas Maroko langsung melakukan selebrasi atas kemenangannya itu.

Namun, satu hal yang menjadi perhatian para penggemar yaitu selebrasi yang dilakukan gelandang Maroko Sofiane Boufal. Pasalnya, setelah lolos menjadi semifinal, Boufal justru mengajak sang ibu untuk selebrasi bersama.

Dalam potret yang dibagikan akun Instagram @433, terlihat Boufal dan sang ibu tertawa sambil menari atas kemenangan Maroko. Sang ibu yang memakai hijab itu juga tampak senang dan membuat para penggemar tersentuh.

Sementara dalam akun Instagram pribadinya, Boufal menuliskan kalau kemenangan yang diperolehnya adalah pemberian dari Tuhan.

 

“Ini pemberian dari Tuhan Alhamdulillah,” tulis Boufal yang dalam bahasa Prancis yang telah diterjemahkan.

Selebrasi Boufal dan sang ibu itu lantas membuat penggemar terharu. Apalagi ia terlihat sangat memuliakan ibunya seperti dalam ajaran Islam.

Sosok Ibu dalam Islam memang menjadi suatu keutamaan. Mengutip Muslim, keutamaan ibu ini juga tercantum dalam beberapa dalil di antaranya sebagai berikut.

Dari Mu’awiyah bin Haidah Al Qusyairi radhiallahu’ahu, beliau bertanya kepada Nabi SAW:

“Wahai Rasulullah, siapa yang paling berhak aku perlakukan dengan baik? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: Ibumu. Lalu siapa lagi? Nabi menjawab: ayahmu, lalu yang lebih dekat setelahnya dan setelahnya” (HR. Al Bukhari dalam Adabul Mufrad, sanadnya hasan).

Dalam hadis tersebut, dijelaskan kalau ibu lebih diutamakan tiga kali baru ayah. Hal ini karena ibu menjadi sosok yang berjuang mengandung sembilan bulan lamanya. Bahkan, ibu juga menjadi sosok yang mengurus, menyusui, hingga anaknya tumbuh dewasa.

Sementara itu, dalam hadis lain, dari Miqdam bin Ma’di Yakrib radhiallahu’ahu, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

“Sesungguhnya Allah berwasiat 3 kali kepada kalian untuk berbuat baik kepada ibu kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada ayah kalian, sesungguhnya Allah berwasiat kepada kalian untuk berbuat baik kepada kerabat yang paling dekat kemudian yang dekat” (HR. Ibnu Majah, shahih dengan syawahid-nya).

Hadis ini juga menekankan ibu untuk berbuat baik kepada ibu sebanyak tiga kali. Setelah itu baru ayah dan kerabat-kerabat terdekat. Tidak hanya itu, ibu juga memiliki berbagai peran penting lainnya di antaranya sebagai berikut:

Menjadi teladan dan contoh kepada anaknya.

Memberikan pendidikan yang baik untuk anak.

Selalu memperbaiki dirinya sendiri.

Selalu sungguh-sungguh dalam mengurus dan mendidik anaknya

Pantas Portugal Tak Berkutik

Seperti diketahui ,Maroko menjadi sorotan usai menjadi tim dari Afrika atau Arab pertama yang melaju ke babak semifinal Piala Dunia. Ulama Indonesia, Habib Husein Ja'far Al Hadar pun buka suara mengenai faktor yang mendukung moncernya perjalanan Maroko hingga masuk Semifinal Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Portugal Sabtu kemarin.

Maroko sendiri mengawali Piala Dunia 2022 di Gruf F bersama Kroasia, Belgia dan Kanada. Pada laga perdananya, Maroko mampu menahan imbang Kroasia dengan hasil akhir 0-0.

Pada laga kedua di Grup F, Maroko secara mengejutkan mampu membungkam Belgia dengan skor 2-0. Maroko dipastikan masuk ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 usai menumbangkan Kanada 2-1.

Sebelum menumbangkan Portugal di babak perempat final, Maroko pun sebelumnya mampu mengalahkan Spanyol.

Performa Maroko patut diacungi jempol. Dari Lima laga yang telah mereka lakoni di Piala Dunia 2022, mereka beum pernah terkalahkan.

Namun di balik performa yang ciamik dan ikhtiar serta semangat juang anak-anak Maroko, Habib Ja'far Al Hadar menilai ada faktor lain yang membuat perjalanan Maroko di Piala Dunia 2022 moncer.

"Karena kemenangan itu bukan hanya karena ikhtiar atau usaha. Tapi juga karena doa," kata Habib Husein melalui akun TikTok miliknya.

Sebagai negara Muslim, banyak umat Islam dari berbagai penjuru dunia yang mendoakan Maroko. Namun Habib Husein menyebut, doa yang utama adalah doa dari para ibu yang anak-anaknya tergabung di tim.

"Suraga aja ada di bawah telapak kaki ibu, apalagi cuma Piala Dunia," kata Habib Husein.

Sebelumnya diberitakan, ribuan orang terlihat melantunkan doa, puji-pujian dan salawat saat Maroko berebut tiket semifinal Piala Dunia 2022 dengan Christiano Ronaldo cs pada Sabtu (10/12/2022) malam WIB.

Hal itu terlihat dari video yang diunggah akun Instagram @poros.garut. Dari video terlihat, ribuan warga berkumpul untuk menyaksikan laga Maroko vs Portugal.

Tak seperti acara nobar pada umumnya, ribuan warga tersebut tak menyanyikan yel-yel saat menyaksikan laga. Mereka justru melantunkan doa dan salawat.

"Pantesan Maroko menang," tulis keterangan video.

Netizen merespon video tersebut dengan berbagai komentar. Beberapa menganggap bahwa doa dari umat Muslim menjadi penentu kemenangan Maroko pada laga kontra Portugal itu. "Doa menembus langit," komentar seoran netizen.***