Usai Juara Duni, Prestasi Messi Libas 7 Pemain Legendaris, Siapa Saja Dia?

[Dok: Antonin THUILLIER / AFP]

JAKARTA (SURYA24.COM) - FIFA melalui akun Twitter @FIFAWorldCup menasbihkan Lionel Messi sebagai pesepak bola terbaik sepanjang masa (GOAT). Hal itu mungkin benar adanya mengingat La Pulga berhasil memecahkan berbagai rekor dari para pemain legendaris dunia.

Lionel Messi membantu timnas Argentina keluar sebagai juara Piala Dunia 20222 Qatar dengan menaklukan Prancis di final pada Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Mengutip suara.com, dalam pertandingan di Stadion Lusail, Qatar, duel Argentina vs Prancis berlangsung sengit hingga skor berakhir imbang 3-3 selama 120 menit. Lionel Messi mencetak satu gol dalam periode itu.

Kapten dan penyerang Argentina Lionel Messi (kanan) memegang Trofi Piala Dunia usai upacara penghargaan dan setelah memenangkan memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha, Qatar, Minggu (18/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT/AFP]

Kapten dan penyerang Argentina Lionel Messi (kanan) memegang Trofi Piala Dunia usai upacara penghargaan dan setelah memenangkan memenangkan pertandingan sepak bola final Piala Dunia 2022 antara Argentina dan Prancis di Stadion Lusail di Lusail, utara Doha, Qatar, Minggu (18/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT/AFP]

Di babak adu penalti, Argentina pada akhirnya memastikan diri sebagai "Tim Terbaik Dunia" usai mengalahkan Les Bleus dengan skor 4-2.

Satu gol dan kemenangan Argentina membuat Lionel Messi memecahkan berbagai rekor luar biasa termasuk yang sempat dipegang oleh para pesepak bola legendaris.

Berikut 6 legenda yang rekornya dilewati Lionel Messi usai juara Piala Dunia 2022 Qatar dirangkum Suara.com dari berbagai sumber:

1. Lothar Matthaus

Lionel Messi sah jadi penampil terbanyak di pentas Piala Dunia usai tampil di laga kontra Prancis di final Qatar 2022. Dengan 26 kali bermain di lima edisi Piala Dunia, Messi mengalahkan rekor legenda Jerman, Lotthar Matthaus (25).

2. Diego Maradona

Messi adalah satu-satunya pemain yang mencatatkan assist dalam lima Piala Dunia. Penantang terdekatnya adalah Pele, Grzegorz Lato, Diego Maradona dan David Beckham, yang masing-masing memberikan umpan gol dalam tiga edisi.

3. Pele

 

Messi adalah satu-satunya pemain yang mencetak gol di Piala Dunia di usia remaja, 20-an dan 30-an, sebuah rekor yang bahkan tidak mampu dilakukan legenda Brasil Pele.

4. Ronaldo Nazario

Satu gol ke gawang Prancis membuat Messi total mencetak 26 gol di turnamen mayor internasional untuk Argentina (13 di Piala Dunia dan 13 di Copa America).

Ini merupakan jumlah terbanyak untuk pemain Amerika Selatan sepanjang sejarah di dua kompetisi itu. Messi melewati rekor gol Ronaldo Nazario dari Brasil (25).

5. Paolo Maldini

Lionel Messi yang bermain selama 120 menit di lalga kontra Prancis sah menjadi pemain dengan menit bermain terbanyak dalam sejarah Piala Dunia yakni 2.314. Dia memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang pemain legendariis Italia, Paolo Maldini (2.217).

 

6. Gabriel Batistuta

Lionel Messi menajamkan rekor sebagai top skor sepanjang masa Timnas Argentina di Piala Dunia lewat satu golnya di final kontra Prancis.

7. Rafa Marquuez

Penampilannya di final Piala Dunia 2022 membuat Lionel Messi telah memainkan 19 laga Piala Dunia sebagai kapten tim. Itu merupakan jumlah terbanyak setelah Rafa Marquez dari Meksiko (17) dan Diego Maradona (16).***