Barcelona Tertahan Punya Nilai Sama dengan Real Madrid di Puncak Klasemen: Arsenal Sikat Brighton 4-2

Pemain-pemain Arsenal merayakan gol Martin Odegaard (kiri) (c) AP Photo/Alastair Grant

JAKARTA (SURYA24.COM)JAKARTA - La Liga 2022/2023 yang memasuki pekan ke-15, berjalan tambah sengit. Dua tim pemuncak klasemen sementara kini punya nilai yang sama.

Barcelona gagal meraih poin sempurna dalam laga jornada 15 La Liga Spanyol 2022/2023. Barcelona ditahan imbang 1-1 oleh Espanyol dalam derbi Catalan di Spotify Camp Nou, Sabtu (31/12/2022).

Dikutip dari bola.net, Barcelona sejak awal laga tampil menjanjikan. Mereka sangat dominan dari segi penciptaan peluang dan penguasaan bola. Barcelona bahkan mencetak gol pada menit ke-7 melalui sundulan Marcos Alonso memanfaatkan situasi sepak pojok.

 

Espanyol akhirnya bisa mencetak gol di menit ke-73. Joselu sukses mengonversi penalti yang diperolehnya sendiri.

Tambahan satu poin ini membuat Barcelona dan Real Madrid kini memiliki nilai sama yaitu 38 dari 15 pertandingan. Hanya saja Barcelona berhak di posisi pertama berkat selisih gol yang lebih baik.

Real Madrid Membayangi

Sehari sebelumnya, Real Madrid mencatat kemenangan saat melakoni pekan ke-15 La Liga 2022/2023, Sabtu (31/12/2022) dini hari WIB.

Real Madrid berhasil meraih kemenangan penting di markas Real Valladolid. Los Blancos menang dua gol tanpa balas dan Karim Benzema menjadi bintang kemenangan di laga ini.

 

Striker asal Prancis itu memborong dua gol, tepatnya di menit ke-83 (penalti) dan 89.

Hasil Lain

Dua pertandingan lainnya digelar pada Minggu (1/1/2023) dini hari WIB. Real Sociedad berhasil mempecundangi Osasuna dua gol tanpa balas melalui gol Brais Mendez dan Alexander Serloth.

Villarreal sukses menggasak Valencia dengan skor tipis 2-1. Edinson Cavani sempat membawa Valencia unggul terlebih dahulu.

Namun Villarreal bangkit dan mengejad ketertinggalan melalui gol yang dicetak Samuel Chukwueze dan Juan Foyth. Villarreal kini berada di posisi tujuh dengan 24 poin. Sementara Valencia di urutan sepuluh dengan 19 poin.

Hasil Pertandingan Lain

Hasil Pekan ke-15 La Liga 2022/2023

Kamis, 29 Desember 2022

Girona Vs Rayo Vallecano (2-2)

Jumat, 30 Desember 2022

Real Betis Vs Athletic Bilbao (0-0)

Atletico Madrid Vs Elche (2-0)

Getafe Vs Mallorca (2-0)

Sabtu, 31 Desember 2022

 

Celta Vigo Vs Sevilla (1-1)

Cadiz Vs Almeria (1-1)

Valladolid Vs Real Madrid (0-2)

Barcelona Vs Espanyol (1-1)

Real Sociedad Vs Osasuna (2-0)

Villarreal Vs Valencia (2-1)

Pesta Gol

Sementara itu Arsenal menghadapi Brighton di AMEX Stadium pada pekan ke-18 Premier League 2022/2023, Minggu, 1 Januari 2023. Pertandingan Liga Inggris antara Brighton vs Arsenal ini berkesudahan dengan skor 4-2 untuk kemenangan Arsenal.

Dua gol Brighton dicetak oleh Kaoru Mitoma menit 65 dan pemain pengganti Evan Ferguson menit 77. Empat gol Arsenal diciptakan oleh Bukayo Saka menit 2, Martin Odegaard menit 39, Eddie Nketiah menit 47, dan Gabriel Martinelli menit 71.

Dikutip dari bola.net, dengan hasil ini, berarti Arsenal tak terkalahkan dalam 10 laga terakhirnya di Premier League (M9 S1 K0). Arsenal juga selalu menang dalam lima pertandingan liga yang terkini.

Arsenal kini memiliki 43 poin di puncak klasemen sementara, unggul tujuh poin atas Manchester City di peringkat dua. Berikutnya, Arsenal akan menjamu Newcastle, sedangkan Brighton akan menghadapi Everton di Goodison Park.

 

Odegaard 1 Gol dan 1 Assist

Bukayo Saka membawa Arsenal unggul cepat di menit 2. Gol cepat itu membuat Arsenal berada di atas angin. Mereka pun bisa menggandakannya lewat gol Martin Odegaard di menit 39 dan menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Arsenal sudah mencetak gol ketiga. Eddie Nketiah, yang menyumbang satu gol ketika Arsenal menang 3-1 atas West Ham di laga sebelumnya, kembali mencatatkan namanya di papan skor.

Brighton sempat mencoba mengejar lewat gol Kaoru Mitoma di menit 65, tetapi Arsenal mampu memulihkan keunggulan tiga golnya di menit 71 melalui finishing Gabriel Martinelli dari assist Martin Odegaard.

Evan Ferguson, yang masuk di menit 60, membobol gawang Arsenal di menit 77. Namun, itu tak cukup untuk menghindarkan Brighton dari kekalahan. Arsenal pun pulang dengan tiga poin dari AMEX Stadium.

Kemenangan ini terasa manis bagi Arsenal karena sebelumnya Manchester City ditahan Everton 1-1 di Etihad Stadium.***

Starting XI dan Statistik Pertandingan

Brighton (4-2-3-1): Robert Sanchez; Tariq Lamptey, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pervis Estupinan; Billy Gilmour, Pascal Gross; Solly March, Adam Lallana, Kaoru Mitoma; Leandro Trossard.

Pelatih: Roberto De Zerbi.

Arsenal (4-3-3): Aaron Ramsdale; Ben White, William Saliba, Gabriel Magalhaes, Oleksandr Zinchenko; Martin Odegaard, Thomas Partey, Granit Xhaka; Bukayo Saka, Eddie Nketiah, Gabriel Martinelli.

Statistik Brighton - Arsenal

Ball possession: 67,9% - 32,1%

Shots: 9 - 14

Shots on target: 5 - 7

Kartu kuning: 3 - 3

Kartu merah: 0 - 0.