Gegara 3 Fosil Ini Dunia di Prank, Kok Bisa? Begini Ceritanya

Kumpulan fosil palsu. (Foto: via Popular Mechanics)

JAKARTA (SURYA24.COM)- Setiap informasi yang kita terima memang harus disaring ulang. Jangan sampai tertipu, seperti kasus fosil-fosil yang pernah menggemparkan dunia eh... tahunya palsu. Hmm, suka ada-ada saja deh tangan jahil yang membuat informasi hoaks.

Dilansir Popular Mechanics, berikut ini adalah tiga fosil yang ternyata palsu tapi sempat bikin heboh warganet. Dikutip dari detik.com, jika tidak teliti dan mencari informasi yang sesungguhnya, bisa saja publik terpedaya dengan foto yang ada.

1. Raksasa Cardiff

Ada mumi palsu setinggi 10 kaki atau sekitar 3 meter yang katanya ditemukan di New York. Padahal, itu adalah ulah George Hull yang sengaja memesan patung gipsum yang dipahat pada 1868.

Fosil fake alias fosil palsu ternyata cukup banyak kejadiannya di seluruh dunia. Berikut ini tiga di antaranya. Foto: via Popular Mechanics

Saat ini 'ditemukan', tentunya ini menjadi perhatian banyak orang -- kecuali para ilmuwan yang sudah meragukannya sejak awal. Hull sendiri mengatakan bahwa ini bukanlah hoaks melainkan 'pembuktian' orang-orang religius lebih mudah menerima informasi apapun yang dikira pas dengan isi kitab mereka.

2. Fiji Mermaid

Fiji Mermaid atau Duyung Fiji sebenarnya adalah tubuh monyet yang dijahit ke ikan. PT Barnum yang merupakan perusahaan entertainment dan pemilik sirkus kemudian membeli 'artefak' ini di tahun 1842 dan membuat orang penasaran. Tak usah diragukan lagi, ini fosil palsu!

Fosil fake alias fosil palsu ternyata cukup banyak kejadiannya di seluruh dunia. Berikut ini tiga di antaranya. Foto: via Popular Mechanics

3. Alyoshenka

Alyoshenka sebenarnya adalah seorang anak lahir prematur yang lahir di tempat yang dulunya tempat pengujian nuklir. Karena bentuknya yang berbeda, ada orang-orang yang percaya kalau ini bukti adanya alien. Parahnya lagi, muncul klaim tes DNA palsu yang dengan sengaja ingin membuat orang percaya kalau Alyoshenka adalah alien.***