Medsos Heboh Gegara Website SDN Jembut Kadal, Begini Penampakannya

JAKARTA (SURYA24.COM) - Situs web yang mengatasnamakan SDN Jembut Kadal Arongan Lambalek, Aceh Barat viral di media sosial. Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat akan mengecek situs tersebut.

Informasi keberadaan situs itu awalnya di tweet salah satu pengguna Twitter. Cuitan itu telah dilihat sebanyak 1,5 juta kali dan mendapat beragam komentar.

detikSumut lalu mengakses situs dengan nama http://jembutkadal.mysch.id/ tersebut. Pada laman depan, tertulis 'SDN Jembut Kadal' dengan huruf kapital dan di bawahnya tertera alamat yakni 'Arongan Lambalek Kabupaten Aceh Barat'.

Situs web itu memuat beberapa foto dan sejumlah artikel yang diunggah pada 10 Januari 2021. Laman lain di-website tersebut masih kosong.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Barat Husaini mengaku akan mengecek keberadaan situs itu.

"Tapi sulit dilacak, karena kurang jelas sekolahnya," kata Husaini saat dimintai konfirmasi detikSumut, Kamis (12/1/2023).

Berdasarkan penelusuran detikSumut di situs Kemdikbud, di Kecamatan Arongan Lambalek terdapat 12 sekolah dasar (SD). Namun tidak ada nama SD seperti tertera di situs web yang viral tersebut.

Dikutip dari suara.com, informasi adanya website tersebut di unggah oleh pengguna Twitter. Penamaan SDN Jembut Kadal dinilai memang bermakna negatif bagi kebanyakan orang.

 

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) defenisi atau arti kata 'jembut' adalah rambut kemaluan. Sedangkan kadal adalah binatang kecil melata berkaki empat dan berekor, tubuhnya bersisik berkilat, berwarna hijau kekuning-kuningan.

Suara Sumatera mencoba mengakses alamat website dengan nama http://jembutkadal.mysch.id/, namun tidak bisa dibuka.

Saat di akses melalui http://webcache.googleusercontent.com/search q=cache:http://jembutkadal.mysch.id, maka baru muncul halaman depan website.

Hingga berita ini dimuat belum ada keterangan maupun klarifikasi terkait website SDN Kadal Jembut tersebut.***


Tulis Komentar