Komisi III DPRD Dumai Raker Bersama DLH Terkait Tumpahan CPO PT SDS dan PT Ivo Mas Tunggal

DUMAI (Surya24.com) - DPRD Dumai melalui Komisi III  mengadakan Rapat Kerja (Raker) bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH), terkait tumpahan minyak mentah kelapa sawit (CPO) dilingkungan PT. SDS dan dugaan pembuangan limbah oleh PT. Invo Mas Tunggal di laut Dumai.

Sebelas anggota DPRD Komis III yang dihadiri langsung oleh Ketua DPRD Kota Dumai Agus Purwanto, bersama Wakil Ketua DPRD Mawardi dan anggota DPRD Komisi III mengadakan rapat bersama Dinas Lingkungan Hidup yang dihadiri oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan para Kabid Dinas Lingkungan Hidup.

Rapat itu dipimpin oleh Hasrizal yang mempertanyakan terkait pengawasan Dinas Lingkungan Hidup selama ini terhadap tumpahan minyak CPO di PT. SDS.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Satrio Wibowo menyampaikan tumpahan minyak CPO di PT. SDS telah ada pengawasan di hari pertama kedua dan ketiga untuk pembersihan tumpahan minyak CPO tersebut.

Tumpahan minyak CPO itu sepanjang dua kilo meter dan sampai hari ini sudah dilakukan pembersihan di areal sekitar laut dan permukiman masyarakat lingkungan yang terkena dampak tumpahan minyak CPO itu oleh pihak PT SDS.

Dari hari pertama tumpahan minyak CPO itu, Dinas Lingkungan Hidup telah berkoordinasi ke Gakum untuk bekerjasama dalam menangani permasalahan tumpahan CPO di PT SDS.

Telah diambil juga sampel oleh Gakum Provinsi Riau dibawah Kementerian LH untuk tindak lanjut penyidikan. Hasilnya akan dikabarkan selama dua bulan kedepan kepada Dinas Lingkungan Hidup.

Disampaikan juga oleh Dinas Lingkungan Hidup kepada Komisi III bahwa PT. Ivo Mas diduga ada pembuangan limbah Domestik ke aliran laut Dumai sehingga membuat tanaman bakau ada yang mati.

"Kami sudah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada pembuangan limbah oleh PT Ivo Mas yang mengakibatkan tanaman bakau ada yang mati. Setelah Dinas Lingkungan Hidup mengecek ke lapangan ternyata benar dan limbah yang dibuang oleh PT Ivo Mas itu adalah limbah Domestik, "ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai.

Disampaikan juga oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup kepada Komisi III bahwasanya limbah domestik itu lebih besar menyumbang dampak lingkungan. Dengan adanya kabar tersebut membuat Komisi III langsung ingin meninjau kelokasi PT. Ivo Mas Dumai pada saat itu. (zul)