Seolah Beri Pertanda, Terekam Seekor Anjing Melolong di Jalanan Sebelum Gempa 7,8 SR di Turki

(Dok:Instagram/@merindink ©2023 Merdeka.com)

JAKARTA (SURYA24.COM) JAKARTA - Gempa bumi dahsyat bermagnitudo 7,8 mengguncang Turki pada Senin, 6 Februari 2023 lalu. Korban tewas akibat peristiwa itu kini bahkan mencapai 7.800 orang. Otoritas Turki mengatakan sekitar 13,5 juta orang terkena dampak dari bencana alam tersebut.

Sebuah video memperlihatkan momen saat seekor anjing melonglong di jalanan seolah memberikan pertanda bagi warga sekitar sebelum terjadinya gempa, ramai beredar di media sosial. Simak ulasan selengkapnya:

Melansir dari unggahan di Instagram @merindink, membagikan sebuah video merekam potret seekor anjing di jalanan Turki. Anjing tersebut mendadak melolong dengan keras seolah memberikan tanda sebelum gempa terjadi.

Dalam video yang beredar, tampak seekor anjing liar tak henti melolong di suatu sudut jalan di Turki. Ia seolah berusaha membangunkan warga yang tengah terlelap.

Dikutip dari merdeka.com, melihat suasana sekitar yang sunyi, diyakini peristiwa itu terjadi sesaat sebelum gempa mengguncang pukul 04:17 waktu setempat. [khu]

Anjing Disebut Bisa Deteksi Bencana

Melansir dari laman halodoc, disebutkan jika anjing menjadi salah satu hewan yang disebut bisa mendeteksi bencana. Tak heran, anjing banyak dipelihara karena memiliki indra penciuman yang sangat sensitif.

Hal ini juga yang membantu anjing untuk mendeteksi suatu bahaya yang dapat terjadi disebabkan alam. Saat anjing merasa ada sesuatu masalah yang akan tiba, tubuhnya terlihat gemetar dan takut untuk melakukan apa pun.

Kekuatan indra perasa anjing bisa mencapai 10.000 kali lebih kuat dari manusia. Hal ini membuat anjing mampu merasakan perubahan suhu sebelum terjadi gempa bumi.

Komentar Netizen

Usai video tersebut beredar, banyak netizen pun langsung ramai meninggalkan komentar.

"Telinga manusia hanya bisa mendengar bunyi berkisar 20-20.000 Hertz. Dan indra kita lainnya memiliki batasnya, Jadi beberapa hewan memang dapat merasakan hal yang yg berada di luar indra kita termasuk tanda2 bencana alam," kata flash***

"ada penjelasan ilmiahnya, gempa jogja bbrpa tahun lalu jg bbrpa binatan menunjukkan tingkah laku aneh," kata @rohma***

"secara ilmiah...Anjing adalah salah satu hewan infrasonik ....dimana pendengaran nya lebih tajam , mkn sudah merasakan getaran2 lepengan didalam bumi," kata akun @lia_feb***

"Dengan lolongan dia berusaha menolong manusia, lihatlah dia punya rasa kasih sayang, tidak ingin selamat sendirian," ungkap @mul_***