Pengurus KONI Kabupaten Siak Masa Jabatan 2019-2023 Dikukuhkan

Siak(Surya24.com) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Siak masa bhakti 2019 - 2023 dikukuhkan oleh ketua KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis di Gedung Tengku Mahratu Siak Sri Indrapura, Kamis Siang (6/2/20).

Pengukuhan dan pelantikan dihadiri Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaludin, dan sejumlah pengurus KONI Provinsi Riau dan KONI Kabupaten Siak, diantaranya Wakil Ketua I KONI Provinsi Riau Destrayani Bibra, Wakil Kepala Bidang Organisasi Syamsurizal Saleh, Dewan Penyantun KONI Siak Amzar, Ketua Pengurus KONI Kabupaten dan Kota se-Riau, Pengurus Cabang Kabupaten, serta sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Siak dan tamu undangan lainnya.

Pelantikan KONI Kabupaten Siak dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan KONI Provinsi Riau, menindaklanjuti hasil Musorkab KONI yang berlangsung di Siak Sri Indrapura tanggal 29 - 30 Desember 2019 yang lalu. Hasil Musorkab tersebut memutuskan Afifuddin yang sebelumnya menjabat Wakil Ketua pada periode kepengurusan KONI yang lalu terpilih sebagai Ketua Umum KONI Kabupaten Siak untuk masa jabatan lima tahun kedepan. Sementara itu Nazarudin terpilih sebagai Wakil Ketua Umum, Poniran sebagai Sekretaris, dan Wan Zainuri sebagai Bendahara.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Jamaludin dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan tahniah dan menitipkan sejumlah harapan kemajuan organisasi dan pencapaian prestasi olahraga di Kabupaten Siak kepada ketua beserta seluruh jajaran pengurus atas pengukuhan dan pelantikan tersebut.

"Saya berharap dengan momentum ini menjadi semangat baru untuk semakin menggiatkan perbaikan, penyempurnaan, dan revitalisasi keolahragaan yang kelak semakin mengangkat prestasi dan pembinaan olahraga Kabupaten Siak, sehingga mampu membangun keunggulan baik dikancah Provinsi Riau, serta ditingkat regional maupun nasional di masa-masa yang akan datang" sebutnya.

Tantangan pengembangan prestasi olahraga di daerah ke depan kata Jamaluddin, tentunya akan semakin berat, berbagai agenda iven olahraga penting diantaranya sudah menunggu seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 Tahun 2020 di Provinsi Papua pada Bulan Oktober, dan Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) Riau ke 10 di Kabupaten Kuansing pada tahun 2021, disamping berbagai iven olahraga dan turnamen lainnya. 

"Untuk itu saya minta kepada jajaran Pengurus KONI yang baru dilantik dan dikukuhkan pada hari ini kiranya segera melaksanakan konsolidasi ke semua Pengurus Cabang Olahraga, dengan melakukan evaluasi dan memetakan potensi cabang olahraga yang ada di Kabupaten Siak. Walaupun prestasi yang telah dicapai menurut pengamatan saya sudah berhasil, saya yakin  dengan dukungan Pemerintah Daerah, KONI, Pengkab Cabor, Dunia Usaha dan seluruh elemen masyarakat  prestasi olahraga Kabupaten Siak akan mengalami peningkatan" ujar Jamal.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Kabupaten Siak terpilih Afifuddin dalam sambutannya mengatakan prestasi atlit Kabupaten Siak dalam periode kepengurusan sebelumnya mengalami kemajuan pesat. Misalnya pada ajang Pekan Olahraga Provinsi Riau lalu di Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Kampar, hasil pencapaian yang ditorehkan para atlit cukup memuaskan. 

"Pada Porprov Indragiri Hulu yang lalu, Kabupaten Siak berada pada posisi 5, Alhamdulillah dalam pelaksanaan Porprov di Kampar Kabupaten Siak naik ke posisi 4. Itu artinya atlit Siak saat ini cukup disegani di tingkat provinsi. Untuk itu kedepannya pada Porprov Kuansing nanti, kami dan rekan-rekan pengurus cabang olahraga bertekad untuk minimal mempertahankan prestasi Kabupaten Siak di posisi 4 besar dengan target perolehan 36 medali emas, 42 perak, dan 41 perunggu. Target kami sejumlah medali perak akan dapat meraih medali emas" ucapnya.

Sejalan dengan Ketua Umum KONI Kabupaten Siak, Ketua Umum KONI Provinsi Riau Emrizal Pakis mengatakan pergantian kepemimpinan itu merupakan tradisi organisasi, tapi yang paling penting adalah melanjutkan apa yang sudah dilakukan misalnya dalam hal prestasi yang sudah diraih pada periode kepengurusan yang lalu.

"Atas nama KONI Provinsi Riau, saya sampaikan ucapan terimakasih kepada mantan ketua KONI Kabupaten Siak beserta seluruh pengurus yang sudah demisioner " sebutnya .

Lebih lanjut Emrizal menyebut prestasi Provinsi Riau dalam bidang oleharaga disumbangkan 12 Kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Riau itu, karena beberapa atlit yang dipersiapkan untuk PON saat ini dibina oleh pelatih dari kabupaten dan kota.***