Viral Kurir Meninggal saat Antar Paket, Diduga karena Penyakit In

(Dok:Net)

iJAKARTA (Surya24.com) - Viral seorang kurir ditemukan meninggal dunia di depan rumah wilayah Kembangan, Jakarta Barat. Diduga kurir tersebut meninggal karena kelelahan.

Pihak Kapolsek Kembangan Kompol Ubaidillah mengatakan korban berinisial YS (42) itu meninggal saat akan mengantarkan paket ke salah satu rumah pelanggan pada Rabu (15/2). Korban pertama kali ditemukan oleh satpam perumahan dengan posisi tengkurap di depan rumah warga.

Ubadillah menyampaikan kepolisian langsung menghubungi keluarga korban terkait peristiwa tersebut. Dari keterangan keluarga, korban diketahui memiliki riwayat penyakit jantung

"Dari informasi yang diterima dari keluarga bahwa korban diketahui memiliki riwayat jantung," kata Ubaidillah dalam keterangan kepada wartawan dikutip dari CNNIndonesia, Kamis (16/2/2023).

Penyakit jantung merupakan kondisi kronis yang bisa menyebabkan kematian. Penyakit jantung yang sudah parah bisa berbahaya bila tidak segera ditangani.

Selain menyebabkan aktivitas terganggu, penyakit jantung yang dibiarkan begitu saja dapat memicu komplikasi fatal. Pola hidup yang tidak sehat dan pertambahan usia jadi faktor risiko lain yang menyebabkan penyakit jantung.

Ciri-ciri Penyakit Jantung yang Sudah Parah

Dikutip Medical News Today, inilah kondisi yang muncul ketika jantung sudah mengalami gangguan yang fatal:

1. Kesulitan Bernapas

Jantung yang melemah tak lagi mampu memompa oksigen dengan baik. Tak heran hal ini mengakibatkan seseorang mengalami kesulitan bernapas. Kondisi ini kian menyiksa jika pengidapnya melakukan aktivitas fisik berat atau merasa cemas.

2. Sakit Perut

Meski tampak sepele, nyatanya masalah pencernaan juga jadi pertanda bahwa jantung sedang tidak baik-baik saja. Sebab, arteri utama jantung (aorta) dan vena jantung (inferior vena cava) juga terdapat di bagian perut. Jadi, kondisinya bisa terasa seperti terbakar dan menjalar hingga ke dada.

3. Gampang Capek

Pada banyak kasus, kelelahan adalah salah satu ciri-ciri paling umum yang dialami pengidapnya. Hal ini menyebabkan pengidapnya bangun tidur dengan perasaan lelah dan kurang istirahat karena tidak bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik.

4. Berat Badan Turun

Berat badan turun tanpa alasan yang jelas menunjukan adanya kondisi medis kronis. Gejala yang memburuk pada penyakit jantung membuat nafsu makan turun dan tanpa disadari membuat berat badan merosot.

5. Detak Jantung Tak Teratur

Aritmia atau detak jantung tak teratur terjadi ketika sinyal listrik yang mengoordinasikan detak jantung tidak berfungsi dengan benar. Kondisi ini bisa berlangsung dengan sangat cepat atau lambat.

Aritmia sebenarnya normal bila terjadi sesekali. Namun, jika terlalu sering atau diakibatkan oleh jantung yang lemah, aritmia dapat menyebabkan gejala dan komplikasi serius.

6. Nyeri dada

Selain mudah lelah, nyeri dada juga tanda paling umum. Kondisi ini bisa berlangsung beberapa menit ketika pengidap penyakit jantung sedang beristirahat ataupun beraktivitas. Rasa tidak nyaman ini cukup berbeda dengan nyeri dada pada biasanya.***