INFOTORIAL PEMERINTAH KOTA DUMAI

Pemko Dumai Telah Meresmikan Masjid Dumai Islamic Center

Soft Opening Dumai Islamic Center (DIC) dibuka pada hari Rabu (15/3/2023)

DUMAI (Surya24.com) – Pembangunan Masjid Dumai Islamic Center (DIC) yang berada di Jalan HR Soebrantas kota Dumai telah selesai dikerjakan, pada hari Rabu (15/3/2023), kaum muslim dan muslimah sudah mulai berdatangan. 

Pembangunan masjid ini akan dapat bermanfaat untuk mensyiarkan agama Islam seperti kegiatan sholat berjamaah, pendidikan agama, dan lainnya. 

Walikota Dumai, H Pasal, mengharapkan dengan berdirinya masjid ini dapat dimanfaatkan secara bersama-sama untuk hal-hal yang positif. Diharapkan juga agar masyarakat dapat menjaga kebersihan. 

Walikota Dumai mengatakan, bahwa soft opening Dumai Islamic Center dibuka bagi umat muslim dilaksanakan pada Rabu (15/3/2023) yang menghadirkan Buya Yahya. 

H Paisal menerangkan, ?bahwa DIC merupakan satu-satunya Masjid di Riau yang dibangun mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah yang akan menjadi masjid kebanggaan masyarakat Dumai. 

Bangunan Masjid yang bakal menjadi landmark Kota Dumai, bakal segera bisa digunakan untuk ibadah umat muslim yang ada di Dumai, dan masyarakat luar Dumai. 

Dijelaskannya, pembangunan DIC menghabiskan anggaran sekitar Rp29 Miliar melalui APBD Dumai 2022 dibantu dana CRS perusahaan dan sumbangan masyarakat. 

Paisal menambahkan, kubah masjid DIC, menara, mimbarnya dan halaman masjid dibangun mirip dengan Masjid Nabawi, karena desainnya copy paste dari Masjid Nabawi di Madinah. 

Dikatakan Paisal, selain menjadi tempat beribadah, DIC akan dijadikan pusat wisata religi yang diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Dumai. 

Diketahui, DIC dibangun diatas lahan seluas 4 hektare, menggunakan bahan berkualitas, mulai dari lantai hingga bagian kubah serta material yang dipergunakan untuk tempat wudhu. 

Fasilitas lainnya di kawasan DIC terdapat tempat tinggal Garim, Guest House dengan 18 kamar, aula yang luas, rumah Tahfiz, dan area parkir yang luas. “DIC ini sanggup menampung sebanyak 2.000 jama’ah," pungkas Walikota Dumai H Paisal. (Infotorial)