Diskes Kampar Akan Memberikan Kapsul Vitamin A Secara Gratis Untuk Anak-anak Usia Balita

BANGKINANG KOTA (Surya24.Com) -Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, akan memberikan kapsul vitamin A secara gratis untuk anak-anak usia balita

"Kegiatan ini akan dilaksnakan  nanti di Posyandu dan Puskesmas se-kabupaten ini," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Dedy Sambudi.SKM.M.Kes,Senin (17/2/2020) 

Dedy mengatakan kegiatan Bulan Vitamin A merupakan program rutin Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar  yang dilaksanakan selama dua bulan dalam setahun, dimulai pada Bulan   Februari dan Agustus. Untuk itu pihaknya mengharapkan adanya partisipasi aktif dari para ibu yang memiliki anak usia balita.

"Kepada para ibu yang memiliki anak usia balita agar memanfaatkan momen ini sebaik-baiknya dengan membawa buah hatinya ke Posyandu atau Puskesmas terdekat," katanya.

Dedy menambahkan acara pemberian Vitamin A secara cuma-cuma kepada balita juga akan dibarengi dengan acara sosialisasi penyebaran informasi mengenai pentingnya asupan vitamin A.

Kurang Vitamin A (KVA) masih merupakan masalah yang tersebar di seluruh dunia terutama di Negara berkembang dan dapat terjadi pada semua umur terutama pada masa pertumbuhan . 

Salah satu dampak kurang vitamin A adalah kelainan pada mata yang umumnya terjadi pada anak usia 6 bulan s/d 4 tahun yang menjadi penyebab utama kebutaan di negara berkembang.Papar Dedy.

Kurang Vitamin A pada anak biasanya terjadi pada anak yang menderita Kurang Energi Protein (KEP) atau gizi buruk sebagai akibat asupan zat gizi sangat kurang,termasuk zat gizi mikro dalam hal ini vitamin A. 

Anak yang menderita kurang vitamin A mudah sekali terserang infeksi seperti infeksi saluran
pernafasan akut,campak,cacar air,diare dan infeksi lain karena daya tahan anak menurun.Ujarnya.

Namun masalah kekurangan vitamin A dapat juga terjadi pada keluarga dengan penghasilan cukup. Hal ini terjadi karena kurangnya pengetahuan orang tua terutama ibu tentang gizi yang baik. 

Gangguan penyerapan pada usus juga dapat menyebabkan kekurangan vitamin A."Akhir Dedy. ***


Tulis Komentar