Public Safety Center (PSC) Kampar Semakin di Kenal Oleh masyarakat

Mobil Ambulance PSC dengan Tenaga Medisnya sampai di kediaman warga degan Gerak Cepat

BANGKINANG KOTA (Surya24.Com) - Sejak dilauncing pada tanggal  05 februari  kemaren Public Safety Center (PSC)  semakin mendapat tempat di masyarakat.

Ini di buktikan dengan adanya panggilan yg diterima oleh PSC setiap harinya.

Hal ini dikatak Kadiskes Kampar Dedy Sambudi,SKM.M.Kes,Kamis (19/2/2020) Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas panggilan kegawat daruratan ini yg siaga 24 jam.

Dan ini adalah bentuk kepeduli Pemda Kampar  terhadap kesehatan masyarakat.Sementara pagi tadi ada yang melaporkan pada pukul  jam 10:00 wib kamis (20-02-2020)

PSC 119 Kampar kembali Meluncur mendapat panggilan masyarakat yang bertempat tinggal di jln.Datuk Arunsyah sungai Abang Salo ,Kecamatan Salo kab Kampar.Kata Dedy.

Ambulans PSC diharapkan bisa disiagakan di beberapa wilayah di Kampar agar ketika ada gawat darurat, ambulans terdekat dapat didatangkan dengan segera,”

Standar pelayanan PSC 119 adalah dimulai dari panggilan yang dilakukan oleh warga yang tengah mengalami gawat darurat kesehatan melalui nomor  coll Center 0811769911.Kemudian dilakukan layanan kegawat daruratan dengan menerjunkan ambulans PSC beserta tenaga medis ke lokasi warga tersebut.Ujar Kadiskes Kampar.

Dedy menjelaskan,bagi Warga yang mengalami gawat darurat tersebut langsung dilakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik yang dilakukan di lokasi. Setelah itu akan diketahui apakah warga itu cukup dengan dirawat di rumah, atau dirujuk ke Puskesmas, atau dirujuk ke RSUD.

“Ambulans ini sudah terdistribusi, jadi sektor terdekat (tempat ambulans) dimana, ya disitulah menuju ke lapangan, karena response time menentukan,” katanya.

PSC merupakan layanan cepat tanggap darurat kesehatan. PSC  dibentuk untuk mempercepat penanganan dan pertolongan pada korban yang membutuhkan penangan segera.

Sebagai contoh bila ada masyarakat yang menghubungi9, maka call center akan menanyakan dimana lokasi kejadian berada dan akan mengarahkan ambulans dari Puskesmas, pos kesehatan, rumah sakit pemerintah yang paling dekat dengan lokasi kejadian.Papar Dedy.***