DLH Rohil Sulap Sampah Jadi Pupuk Organik

Kadis Lingkungan Hidup Rohil Suwandi S.Sos

Bagansiapiapi(Surya24.com)- Dalam upaya mengurangi penimbunan sampah di tempat pembuangan sampah akhir yang ada di di Kabupaten Rokan Hilir tepatnya di Bagansiapiapi Kecamatan Bangko, Pemkab dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup lakukan pengolahan terhadap sampah untuk menjadi pupuk organik. Rabu(26/2/2020)

Pengolahan sampah yang dilakukan di tempat pembuangan akhir di Bagansiapiapi pada Selasa (25/2/2020) kemarin dikunjungi langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup Rohil Suwandi S.Sos, proses pengolahan terlebih dahulu dilakukan pemisahan sampah organik seperti jenis sayur atau daun daunan.

Kadis Lingkungan Hidup Rohil Suwandi S.Sos menyebutkan sampah yang telah dipilih selanjutnya dilakukan penggilingan dengan mesin pencacah sampah organik dan kemudian sampah yang sudah digiling halus tersebutlalu dijemur dibawah terik matahari agar kadar asam pada organik menurun dan dicampur dengan bahan tambahan kemudian difermentasikan hingga sampai beberapa minggu.

" Ini salah satu upaya Pemkab dalam mengurangi timbunan sampah yang ada di tempat pembuangan akhir, sampah yang dihasilkan dari masyarakat dibawa ke TPA yang kemudian di olah menjadi bahan yang berguna (pupuk organik)," ucap Suwandi.

Dikatakannya lagi, saat ini hasil pupuk yang di olah dari sampah tersebut masih digunakan Dinas Lingkungan Hidup untuk tanaman-tanaman yang ada di Kota Bagansiapiapi,

" Kita gunakan pupuk ini untuk memupuk tumbuhan atau bunga yang ada didaerah kita ini untuk kebutuhan Dinas Lingkungan Hidup Rohil," Tuturnya.(Hen/Yan)