Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jembatan Sinaboi Dimulai, Setelah Menunggu Cukup Lama

SINABOI (Surya24.com) - Puluhan Tahun memimpikan dibangunnya jembatan yang menghubungkan Sinaboi Kota, akhirnya masyarakat Kecamatan Sinaboi dalam waktu dekat akan menikmati jembatan penghubung yang dinanti-nantikan itu. 

Sebenarnya selama ini sudah ada jembatan terbuat dari kayu namun tidak layak untuk  dilintasi kendaraan roda empat. 

Rabu (10/5/2023), Bupati Rokan Hilir, Afrizal Sintong melakukan prosesi peletakan batu pertama tiang pancang pembangunan jembatan itu di Kecamatan paling ujung di Rohil ini. 

Afrizal Sintong turut didampingi Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS.MH dan Ationg Pengurus Yayasan Tridharma Samudra Sinaboi selaku pelaksana pembangunan jembatan swadaya perantauan Sinaboi di Jakarta ini. 

Atong perwakilan dari donatur pembangunan jembatan, terlihat diapit Wakil Ketua DPRD Rohil Basiran Nur Efendi, Asisten III Ali Asfar, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Camat Sinaboi Tengku Edison, dan Kepala OPD dilingkungan Pemkab Rohil. 

Bupati Afrizal Sintong  mengucapkan terimakasih kepada Atong, rekan-rekan masyarakat Tionghua asal Sinaboi di perantauan yang menjadi donatur mengumpulkan dana untuk membangun jembatan Sinaboi secara permanen. 

" Diharapkan dengan terealisasi pengerjaan jembatan ini, ekonomi masyarakat meningkat. Saya, Atong dan  rekan-rekannya sejak lama melakukan pertemuan di Pekanbaru. Kami mengajukan gambaran pembangunan jembatan ini sebanyak 26 Miliar. Hari ini dapat terealisasi dan ditandai dengan peletakan pancang batu pertama , " ucap Afrizal Sintong. 

Afrizal Sintong menyebutkan, Atong dan rekan-rekan yang menjadi donator pembangunan jembatan Sinaboi merupakan putra asli Sinaboi yang sukses di perantau Jakarta. 

" Meskipun mereka sudah sukses, namun tidak melupakan kampung halamannya lalu bersama-sama membangun jembatan ini untuk membantu Pemerintah Daerah, " sebut Afrizal Sintong. 

Bupati Rohil ini mengungkapkan jembatan Sinaboi ini yang sejak lama dinanti nanti-nantikan oleh masyarakat sejak puluhan tahun lalu. 

"Selaku Kepala Daerah dan atas nama pemerintah, kami mengucapkan banyak-banyak terimakasih kepada donatur. Kita doakan Bang Atong dan rekan-rekannya semakin sukses dan dimudahkan rezekinya yang berlimpah," ucap Bupati Rohil ini. 

Terselenggaranya pembangunan jembatan ini, Bupati Rohil mengajak seluruh masyarakat di Sinaboi bersama-sama untuk mendukung dan menjaga kelancaran pembangunan jembatan agar dapat selesai sesuai jadwal yang telah ditentukan dalam beberapa bulan kedepannya. 

M Syahnan salah seorang Pengurus Yayasan Tridharma Samudra Sinaboi mewakili masyarakat Tionghoa Sinaboi dan pengurus Kelenteng mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohil yang bersedia hadir meresmikan dimulainya pembangunan jembatan Sinaboi. 

" Setelah dibantu saudara-saudara kami dan oleh Bang Atong dan rekan-rekan akhirnya jembatan yang selama kami idamkan baru hari ini terealisasi ditandai dimulainya pembangunan. Kami mengucapkan ribuan terimakasih atas dibangun jembatan permanen ini," aku Syahnan. 

Turut hadir mendampingi Bupati dan Wabup Rohil, Camat Sinaboi Tengku Edison SE dan menyebutkan jembatan Sinaboi ini merupakan satu-satunya penghubung untuk mengeluarkan hasil perikanan dan pertanian masyarakat setempat. 

" Hari bersejarah bagi masyarakat Sinaboi, semoga kenangan pahit yang kita lalui bersama melintasi jembatan kayu, terkadang rusak selama ini terlupakan kelak jika selesai pembangunannya. Hari ini sama-sama kita lihat peletakan batu pertama oleh Bupati Rohil," sebut Tengku Edison. 

Bupati Rohil dalam kesempatan berada di tengah-tengah masyarakat Sinaboi ini juga menyambilkan diri memberikan bantuan 200 paket sembako kepada masyarakat Sinaboi. (Infotorial)