Dukung Pemerintah Tingkatkan Literasi

Apical Bersama Tanoto Foundation Serahkan Bantuan Buku Untuk Pelajar di Kelurahan Lubuk Gaung

DUMAI (Surya24.com) - Apical Group, salah satu perusahaan pengolah minyak nabati global terkemuka, melalui salah satu unit bisnisnya, PT Sari Dumai Sejati (PT SDS), berkolaborasi dengan Tanoto Foundation, organisasi filantropi independen dibidang pendidikan, hari ini menyerahkan lebih dari 200 bantuan buku bacaan kepada para pelajar Madrasah Ibtida’iyah Negeri 01 yang berada di Kelurahan Lubuk Gaung, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. 

Bantuan buku tersebut diserahkan secara langsung oleh Putri Ramadhani staff Apical Dumai kepada Zahriani,Spdi, Wakil Kurikulum Madrasah Ibtida’iyah Negeri 01 Dumai yang disaksikan oleh Theo E F lubis district Coordinator Tanoto Foundation Kota Dumai. 

Kegiatan ini merupakan salah satu perwujudan komitmen tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) di bidang pendidikan, yang menargetkan sekolah-sekolah serta komunitas yang berada di wilayah yang berdekatan dengan dengan wilayah operasional perusahaan. 

Menurut Kamero Bangun Head SSL Apical Dumai, kegiatan ini juga merupakan bentuk dukungan terhadap program Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yakni "Buku Bacaan Bermutu Untuk Literasi Indonesia" yang telah diluncurkan pada Februari 2023 lalu. 

"Selain pemberian bantuan buku, kami juga akan menerapkan program "Pojok Baca" bekerja sama dengan sekolah setempat, yang bertujuan untuk menumbuhkan minat baca anak-anak dengan mengembangkan kegiatan membaca yang terjadwal secara regular,” tambah Kamero Bangun. 

 Zahriani Spdi, mengungkapkan apresiasinya kepada Apical dan Tanoto Foundation. “Kami sangat mengapresiasi bantuan serta dukungan yang diberikan oleh Apical dan Tanoto Foundation. Bantuan ini bermanfaat besar untuk membudayakan literasi bagi anak-anak. Semoga ke depannya, para pelajar di sekolah ini dapat termotivasi untuk lebih sering membaca,” ungkap Zahriani Spdi. 

Dalam kegiatan ini, Apical dan Tanoto Foundation melakukan pendampingan dan pengembangan literasi bagi sekolah binaan atau dampingan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya peningkatan kualitas di bidang literasi kepada sekolah binaan yang berada di sekitar area operasional perusahaan. 

Diharapkan, melalui kolaborasi ini dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar operasional perusahaan, yang juga sejalan dengan filosofi 5Cs, yakni keberadaan perusahaan harus bermanfaat bagi masyarakat atau good for community. (cu)