Kutip Ayat Al-Quran Ajak Jaga Persaudaraan Jauhi Permusuhan

Wabup Bagus Santoso Buka MTQ Desa Wonosari

BENGKALIS (Surya24.com) - “Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-nya kamu menjadi bersaudara. 

Firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 103 disampaikan Wabup Dr H Bagus Santoso mewakili Bupati Kasmarni pada sambutan pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-28 Tingkat Desa Wonosari di arena utama MTQ halaman Kantor Desa Wonosari Kecamatan Bengkalis, Kamis malam 1 Juni 2023. 

Dikatakan Wabup kutipan ayat tersebut relevan untuk memperkuat karakter sekaligus membangun lingkungan kampung, desa se-Kabupaten Bengkalis untuk memaknai MTQ tidak hanya sebatas festival saja akan tetapi juga dapat meresapi apa yang terkandung pada ajaran Alquran bahwa pada dasarnya umat Islam itu bersaudara mesti bergandeng tangan saling melengkapi bantu membantu. 

“Alhamdulillah pengalaman telah mengajarkan kepada kita semua, sehingga Kabupaten Bengkalis saat ini dikenal sebagai Kabupaten yang damai, tenteram kompak antara pemimpin dan rakyatnya,” imbuhnya. 

Terkait dengan pelaksanaan MTQ Wabup menyampaikan dengan adanya program Bermasa bantuan keuangan 1 Miliar 1 Desa pada masa kepemimpinan Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) telah terbukti ampuh mendorong kreatfitas dan inovasi warga di semua desa. 

Wabup berpesan agar program bermasa menjadi daya motivasi untuk bersatu padunya warga di setiap desa menggali potensi sumber daya manusia dan sumber daya alam. Wabup juga menegaskan agar bantuan 1 miliar satu desa di gunakan dengan skala prioritas melalui musyawarah rembukan semua pihak melibatkan pemerintah desa, BPD serta warga. 

Sejatinya karakter umat Islam, adalah umat yang saling nasihat dan menasihati dan mencari rida Allah dalam setiap aktivitas kehidupannya. Sedangkan lawannya adalah sistem kehidupan yang membawa kepada kesengsaraan dan kenestapaan umat manusia. 

“Kita jaga persaudaraan semua akan nyaman dan jauhi sikap dendam  tibanya fitnah,” kata Wabup. 

Sebelumnya Kades Wonosari Siswanto alias Landong menyampaikan terima kasih kepada Bupati Kasmarni Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang telah memberikan bantuan keuangan khusus kepada desa melalui program Bermasa. Karena dengan program tersebut desanya dapat melakukan banyak kegiatan salah satunya pelaksanaan MTQ. 

”Program Bermasa sangat terasa membantu desa Wonosari. Kami warga desa sangat terbantu,” kata Kades. 

Aara MTQ Desa Wonosari mendapat sambutan semarak dari seluruh warga yang memadati halaman acara. Tampak hadir diantaranya Camat Taufik Hidayat, Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) Kabupaten Hj Siti Aisyah, Kepala Desa se-Kecamatan Bengkalis, Ketua Baznas Ismail, Pimpinan BSI Ilham, KUA Bengkalis, Babinkamtibmas dan Babinsa serta undangan lainnya.(inf)