Pemkab Hadiri Launching Polisi RW Polres Bengkalis

BENGKALIS (Surya24.com) - Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan H Bustami HY hadiri Launching Polisi Rukun Warga (RW) Jajaran Polres Bengkalis Tahun 2023, Rabu (14/6/2023) pagi, bertempat di Lapangan Pasir Andam Dewi Bengkalis. 

Peluncuran program untuk menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat tersebut ditandai penyematan ban Polisi RW oleh Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan H Bustami HY dan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0303/Bengkalis Mayor (Arh) Sudiyono. 

Kapolres Bengkalis dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh jajaran dan instansi terkait untuk meramaikan  launching polisi RW Polres Bengkalis. Dilaksanakan launching di Lapangan Andam Dewi ini adalah untuk mengangkat kearifan lokal Kabupaten Bengkalis, artinya Kabupaten Bengkalis terdiri dari daerah daratan dan pulau ini bersatu padu, saling menjaga kekompakan dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera. 

Program Polisi RW merupakan program untuk mendekatkan polisi dengan masyarakat dalam rangka menjaga Kamtibmas di lingkungan masyarakat. 

"Melalui program Polisi RW, Polres Bengkalis akan menghadirkan polisi di setiap RW untuk membangun interaksi positif yang konsisten antara polisi dan masyarakat," ujar Kapolres. 

Setyo Bimo Anggoro juga mengatakan Polisi RW bertugas sebagai petugas penghubung (Liaison Officer/LO) Polri di tiap RW. Sebagai LO, tugas Polisi RW untuk mendengarkan, menerima keluh kesah, keresahan, keinginan, harapan dan permasalahan yang ada di lingkungan masyarakat untuk melaksanakan tugas melalui langkah preventif dan humanis atau dilaporkan ke Polsek maupun Polres untuk diselesaikan. 

Kemudian Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan H Bustami HY mengapresiasi atas peluncuran program Polisi RW oleh Polres Bengkalis. 

Menurutnya, dengan hadirnya polisi RW ini diharapkan kondusifitas serta Kamtibmas di berbagai daerah termasuk dilingkup RW akan lebih terjaga secara efektif dan efisien. 

"Kami juga berharap masyarakat Bengkalis juga dapat ikut andil dalam menjaga kondusifitas dan Kamtibmas dengan menghidupkan kembali Poskamling di tiap Kecamatan serta ikut mendukung program Polisi RW," katanya. 

Diakhir kegiatan tersebut juga turut menyaksikan secara virtual launching Polisi RW oleh Polda Riau yang disaksikan Kapolres se-Provinsi Riau. 

Hadir pada launching tersebut Kajari Bengkalis Zainur Arifin, Pimpinan Instansi Vertikal, Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri Sofyan Said serta tokoh masyarakat.(inf)