Ini Harapan Penggiat Pramuka

DR.H.Ali Asfar Atasnama Bupati, Buka Muscab Pramuka Rohil

BAGANSIAPIAPI (Surya24.com) - Musyawarah Cabang (Muscab) Gerakan Pramuka 04.10 Rohil di gelar, Sabtu (16/6/2023) di Hotel Grand Bagansiapiapi, dibuka Asisten Administrasi Dan Umum Setdakab Rohil, DR.H.Ali Asfar mewakili Bupati Rohil, Afrizal Sintong. 

Sangat berbeda dengan tradisi lalu, hingga Muscab digelar belum ada informasi siapa sosok diusung dan mendapat restu oleh Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP. 

Sejak mundurnya Drs.H.Surya Arffan Msi sebagai Ketua Kwarcab Gerakan 04.10 Rohil, Organisasi ini bagaikan ayam kehilangan induk. 

Ada yang " Syur " dan seenak " Tekak " menerajui Organisasi Kepanduan ini tampa mengacu AD/ART. 

Tak menentunya hala arah tuju pergerakan termasuk aset kantor, kendaraan operasional yang memakai kaca film hitam menyalahi Undang-Undang Lalulintas. 

Kini di sekretariat yang menempati bangunan megah eks Kantor DLH Rohil tidak terlihat aset inventaris, entah dimana keberadaannya. 

Untuk 5 Tahun kedepan pasca domisionernya Kepengurusan 2018-2023 yang centang perenang tidak mengacu ke AD/ART, perlu dibenahi. 

Diharapkan ada sosok yang terpilih memimpin Pramuka Rohil yang paham  aturan Organisasi. 

Peran Bupati Rohil, Afrizal Sintong SIP yang juga Kamabicab (Ketua Majelis Pembimbing) Gerakan Pramuka Rohil turun tangan membenahi sakit kronis ini. 

Tokoh dan sosok siapa yang menerajui memimpin Gerakan Pramuk Rohil kedepannya, perlu ketokohan, baik sosok burokrasi. 

Apa lagi perlu " Lobby "  kedekatan antara Ketua dan jajaran pengurus sehingga dapat menjalankan perannya menggerakkan organisasi lebih maju dan terbuka. 

Hal ini tidak terlepas dari Anggaran APBD Rohil setiap tahunnya, butuh lobby, sosok dan tokoh, bukan sembarangan orang dan  sekedar dipilih. 

" Sangat perlu Kamabicab turun tangan melihat sosok tepat menimpin organisasi ini, tokoh Birokrat, paham aturan, bukan sekedar pandai memerintah, " ucap H.Yan Faisali, mantan Waka Humas Kwarcab Rohil dan Alumni KPL (Kursus Pelatih Lanjutan) Tahun 2019 dan kini penggiat Pramuka di Rohil. 

" Saya sudah dengar dari awal beberapa bulan lalu ada oknum yang di seting sesama sekelompoknya, orang-orang tertentu yang akan dijadikan mereka  ketua, bahkan membentuk panitia dan menggelar Musyawarah Ranting tidak perpedoman lagi dengan AD/ART, " ujar H. Yan Faisal. 

Diacara pembukaan Muscab Gerakan Pramuka Rohil, Sabtu (16/6/2023), Bupati Rohil, Afrizal Sintong diwakili Asisten Administrasi Dan Umum,DR.H.Ali Asfar  yang juga salah seorang jajaran Wakil Ketua Kwarcab Priode 2918-2023 yang kini telah demisioner. 

Saat pembukaan Muscab, DR.H.Ali Asfar menyampaikan salam Bupati Rohil, Afrizal Sintong dan menyebutkan meminta kedepanya yang memimpin dan menjalankan organisasi pramuka di Rohil agar tidak salah pilih. 

" Jangan salah pilih, carilah pemimpin yang paham pramuka, mengerti organisasi, bukan sebaliknya, hanya mencari kedudukan dan jabatan, " sebut H.Ali Asfar. 

Tokoh yang santer disebut-sebut cocok dan sesuai untuk dipilih menjadi Ketua Kwarcab Rohil adalah Fauzi Efrizal (Setdakab Rohil saat ini), sosok ini jika ditilik dan disimak sejak lama telah  disebut-sebut kandidat Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Rohil yang tepat karena power jabatannya adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Rohil. 

Ketika ditanya Fauzi Efrizal dikenal juga hobby pramuka sejak bersekolah hingga menjadi pejabat, menyebutkan " Siap " untuk memimpin Pramuka Rohil. 

Karena tidak diragukan lagi soal  mendapat restu Bupati Rohil yang juga Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Rohil, tokoh putra Kubu ini di pastikan ok. 

Nama Fauzi Efrizal (Sekdakab Rohil) masih teratas karena posisi dan jabatan strategisnya pasti dapat membawa Pramuka Rohil lebih maju terutama untuk melobby anggaran APBD. 

Lau DR H.Ali Asfar juga menjadi sosok kuda hitam dalam pertarungan sebagai Ketua Kwarcab Rohil dan sosok lainnya seperti Ari Darma (Kepala BPDB Rohil), HM. Nurhidayat (Staff Ahli Bupati), H.Nasrudiin Hasan (tokoh masyarakat), Cicik Mawardi (Kadispenda Rohil), Asril Arief (Kadis Pendidikan Rohil). 

" Semua nama ini orangnya bagus, tapi saya himbau peserta Muscab yang dari Kwaran, pilihlah Pak Fauzi Efrizal, beliau saat ini menjabat Setda, punya hubungan baik dengan Bupati, tentu dapat mengalokasikaan profosal anggaran dan memuluskanya di DPRD Rohil, "pinta H.Yan Faisal, Mantan Waka Humas Kwarcab Rohil, terpisah, Sabtu (16/6/2023). 

" Jangan terperdaya dengan issu ada yang mengaku mendapat restu dari Bupati, ini perlu diteliti, disiasat dan ditelusuri kebenarannya. Kalau Pak Setda itu jelas orang dekat Bupati, Administrator tertinggi di Pemerintahan Rohil,"  tegas H.Yan Faisal. 

Mantan Waka Humas Kwarcab Rohil yang dibonsai sejak dari awal kaerna vokal  berargumen soal pramuka di kepengurusan lalu ini. 

" Karena setahu saya tidak ada mendengar ada orang titipan atau menunjuk atau merestui, jika ada yang sungkem. Saya dengar sebatas melampirkan adanya Muscab, bukan minta restu, " kata Hurbalus senior ini. 

Karena mustahil dan bukan tipe Bupati " menitip " orang untuk di usung di gadang-gadangkan menjadi Ketua di Organisasi apapapun, termasuk di Muscab Kwarcab Rohil, " tegas Alumni KPL sebuah kursus tertinggi untuk pelatih lanjutan di pramuka ini. 

Anehnya hingga menjelang Pukul 17.00 WIB barulah diperoleh informasi pembukaan dibuka oleh DR.H.Ali Asfar. 

Terlepas dari itu, kepengurusan boleh saja berganti, tapi inventarisir semua aset milik Pramuka Rohil harus jelas diserah terimakan karena dibeli dengan uang APBD, jangan sampai pergantian pengurus diawali dengan nol lagi.(debi)